5 Produsen Otomotif Ini Awalnya Tak Produksi Mobil

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 3 Oktober 2018 07:41
5 Produsen Otomotif Ini Awalnya Tak Produksi Mobil
Ada yang produksi sepeda, ada juga yang produksi mesin jahit.

Dream – Produsen otomotif di dunia memproduksi mobil dari hari ke hari. Namun, ada beberapa dari mereka yang memulai bisnisnya bukan dari bisnis otomotif.

Yang diproduksinya justru bukan mobil. Contohnya, Ducati.

Dulunya, pendiri merek Ducati ini tidak memproduksi mobil pada era 1920. Yang dibuat justru komponen radio. Misalnya, pemancar sinyal dan vacuum tubes.

Dilansir dari Auto Evolution, Rabu 3 Oktober 2018, ada lima perusahaan otomotif yang tidak memproduksi mobil ketika pertama kali merintis usahanya. Berikut ini adalah rinciannya.

1 dari 5 halaman

Opel

Adam Opel AG ini merupakan salah satu produsen otomotif tertua di dunia. Merek ini dibangun pada 1862, lalu mereka memproduksi mobil pertama pada 1899.

Hmm... selama 37 tahun, apa yang mereka buat? Produsen otomotif yang berbasis di Jerman ini, semula memiliki usaha mesin jahit. Ya, sang pendiri, Adam Opel memproduksi mesin jahit dan bisnisnya berhasil.

Lalu, Opel juga membuat sepeda kayuh sebagai lini kedua bisnisnya. Bisnis sepeda ini sukses, melebihi produksi mesin jahit. Produksi mobil menyusul setelah bermitra dengan Friedrich Lutzmann.

2 dari 5 halaman

Peugeot

Produsen mobil asal Perancis ini juga terkenal sebagai produsen sepeda. Tak hanya sepeda, Peugeot juga berbisnis penggilingan kopi, garam, dan lada. Usaha ini didirikan di Perancis pada 1810.

Cabang bisnis Peugeot lainnya adalah baja yang digunakan untuk pembuatan gergaji, roda kawat, dan rangka payung. Perusahaan ini juga membuat senjata selama Perang Dunia I bersama dengan kendaraan militer.

Usaha lainnya dari Peugeot adalah Gefco yang didirikan pada 1949. Gefco fokus pada bisnis logistik di tingkat internasional.

3 dari 5 halaman

Hyundai

Divisi mobil di Hyundai ini adalah bagian dari Hyundai Group. Perusahaan ini terkenal sebagai produsen barang-barang elektronik dan barang-barang industri besar. Hyundai ini merupakan perusahan yang didirikan pada 1947.

Semula, Hyundai ini merupakan perusahaan konstruksi yang kemudian berkembang pesat menjadi perusahaan multibisnis. Sebelum memproduksi mobil, Hyundai berbisnis bahan material bangunan untuk melengkapi bisnis infrastruktur.

Hyundai juga terkenal sebagai produsen kapal, perdagangan, elektronik, riset, lift, dan elemen lainnya di sektor industri. Perusahaan ini juga memiliki LG Semi Conductor—salah satu pemain utama di bisnis elektronik. Namun, LG dan Hyundai berpisah setelah pendirinya, Chung Ju Yung, meninggal dunia.

4 dari 5 halaman

Skoda

Skoda merupakan produsen mobil tertua kedua di Czech (Cekoslowakia). Skoda ini dulunya membuat sepeda. Perusahaan ini didirikan oleh Vaclav Laurin dan Vaclav Klement pada 1895.

Laurin dan Klement ini merupakan penggemar sepeda.

Pendirian Skoda ini berawal dari Klement yang pernah membeli sepeda Jerman Seidel & Naumann. Sepedanya bermasalah, lalu pria penjual buku ini komplain dalam bahasa Cekoslowakia. Keluhan ini direspons oleh perusahaan dan tidak memuaskan hati Klement.

Marah, akhirnya dia membuat bengkel sepeda. Bersama rekannya, Laurin, Klement merancang dan memproduksi sepeda sendiri. Sepeda yang bermerek Skoda ini sukses di pasar. Dari sana, Skoda memproduksi sepeda motor dan mobil.

5 dari 5 halaman

Toyota

Salah satu produsen otomotif terbesar di dunia, Toyota, tidak mulai bisnis dengan membuat mobil. Semula, mereka membuat mesin tenun untuk industri tekstil.

Perusahaan ini sukses berkat alat tenun otomotatis yang bisa berhenti ketika ada masalah. Mesin tenun ini dirancang dengan prinsip “ jidoka”, yaitu berhenti bekerja ketika terjadi suatu masalah.

Pendiri Toyota, Sakichi Toyoda, menjual paten mesin tenun kepada perusahaan Inggris. Uang ini digunakan untuk membiayai pengembangan mobil perusahaan.

Awalnya, mobil-mobil ini dijual dengan nama Toyoda, tapi diubah menjadi Toyota. Menantu Toyoda, Risaburo Toyoda, merancang logo merek Toyoda. Logo ini memerlukan delapan sapuan kuas, Toyoda ini berarti sawah subur, dalam terjemahan bahasa Jepang secara harfiah. (ism)

Beri Komentar