20 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Wajah, dan Rambut

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Jumat, 13 November 2020 10:26
20 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Wajah, dan Rambut
Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, perawatan wajah dan perawatan rambut.

Dream - Jeruk nipis merupakan buah yang kaya akan manfaat. Selain digunakan sebagai bahan masakan, jeruk nipis juga sangat berguna untuk kesehatan, merawat wajah, merawat rambut dan lain sebagainya.

Kandungan vitamin C yang tinggi serta antioksidan pada jeruk nipis, membuat bahan ini banyak memiliki manfaat.

Menghaluskan kulit wajah dengan jeruk nipis, putih telur, dan madu© Shutterstock

Dibanding dengan jeruk lainnya, jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi.

Selain itu, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor magnesium, gula seng dan kalium.

1 dari 5 halaman

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

© Dream

Banyak perawatan kecantikan kulit menggunakan jeruk nipis sebagai bahan dasarnya. Karena manfaat jeruk nipis yang sangat baik untuk kulit, kamu juga bisa menggunakan jeruk nipis secara langsung dan alami agar efeknya lebih terasa.

1. Mencerahkan wajah


Antioksidan dan vitamin C pada jeruk nipis bisa membatu mencerahkan kulit. Caranya peras satu buah jeruk nipis, oleskan pada wajah dan diamkan beberapa menit sampai mengering. Setelah itu bilas dengan bersih.

2. Mengobati jerawat


manfaat jeruk nipis selanjutnya yaitu bisa mengobati jerawat. Sifat antibiotik pada jeruk nipis bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa mencampurkan jeruk nipis dengan madu.

3. Menyamarkan flek hitam


selain bisa mencerahkan dan menghilangkan jerawat pada wajah, manfat jeruk nipis juga bisa menyamarkan flek hitam. Lakukan masker jeruk nipis dirumah secara rutin agar flek hitam bisa benar-benar hilang.

4. Meremajakan Kulit

Jeruk nipis memiliki manfaat yaitu mampu membantu dalam meremajakan kulit. Bahkan, tidak jarang produk kecantikan dan perawatan wajah menggunakan jeruk nipis sebagai salah satu bahannya.

Selain memiliki kandungan vitamin C. jeruk nipis juga mengandung flavonoid yang terbilang cukup tinggi. Flavonoid merupakan salah satu jenis antioksidan yang berfungsi membantu memproduksi kolagen. Kalian bisa melakukannya dengan mengonsumsi jeruk nipis yang sudah diseduh dengan air hangat dan madu. Untuk hasil yang maksimal, konsumsilah minuman jeruk nipis secara teratur dan rutin.

Hindari untuk memberikan jeruk nipis pada kulit wajah secara langsung sebab bisa menimbulkan peradangan yang terasa seperti kulit terbakar.

 

5. Menyamarkan kantung mata

Jeruk nipis bisa dimanfaatkan untuk menyamarkan kantung mata dan menyegarkan mata lelah. Fungsikan sebagai kompres mata alami. Celupkan kapas ke dalam air perasan jeruk nipis yang sudah diencerkan, kemudian tempelkan pada kantung mata.

© Dream
2 dari 5 halaman

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

© MEN

Beragam kandungan yang terdapat dalam jeruk nipis sangat bagus digunakan untuk menjaga kesehatan. Mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin juga mampu mencegah beberapa penyakit dan menjaga daya tahan tubuh.

6. Menurunkan kolestrol


Flavanoid yang terdapat pada jeruk nipis dapat bertindak sebagi anti oksidan dan tentunya bisa melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Pastinya bisa juga menjaga tubuh dari molekul tidak stabil yang dapat merusak sel tubuh terutama kolestrol.

7. Mengurangi tekanan darah tinggi


manfaat jeruk nipis untuk kesehtan selanjutnya yaitu bisa mengurangi tekanan darah tinggi. karena jeruk nipis mengandung kalium yang dapat membuat tekanan darah menjadi normal. Konsumi jeruk nipis secara rutin tiap pagi ahri agar tekanan darah cepat menurun.

8. Mengobati asam urat


Asam urat merupakan penyakit yang terjadi akibat pengkapuran di sendi-sendi tulang. Salah satu cara menyembauhkannya yaitu menggunakan asam sitrat yang terdapat dalam jeruk nipis. Cukup konsumsi jeruk nipis secara rutin setiap hari untuk mengilangkan nyeri akibat asam urat.

9. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat jeruk nipis yang pertama adalah mampu untuk menjaga kesehatan jantung kalian. Jeruk nipis memiliki kandungan magnesium dan kalium yang terbilang cukup tinggi.

Kedua kandungan bahan itu memang telah dipercaya mampu untuk menjaga kesehatan jantung.

Kalium membantu dalam menurunkan tekanan darah serta memperlancar aliran darah di dalam tubuh. Bahkan sebuah penelitian menyebut, jeruk nipis memiliki senyawa limonin yang dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Pernyataan itu berarti, jeruk nipis juga bisa mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung dan stroke.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet

© Dream

Manfaat jeruk nipis selanjutnya yaitu berguna untuk diet. Selain mengurangi porsi makan yang masuk ke dalam tubuh dan berolah raga, rutin mengkonsumsi jeruk nipis ternyata mampu membantu proses dietmu.

10. Meningkatkan sistem pencernaan


Mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin untuk diet ternyata mampu meningkatkan sistem pencernaan. Dengan begitu, tubuh tidak menimbun terlalu banyak sisa racun dan makanan yang bisa membuat perut dan pinggang melebar.

11. Menunda rasa lapar


Saat mengkonsumsi jeruk nipis untuk diet, jeruk nipis memberikan kandungan serat larut air dan serat tak larut air. Kedua serat ini bisa membuatmu merasa kenyang tanpa kalori yang berlebihan.

12. Memaksimalkan pembakaran lemak


Mengkonsumsi jeruk nipis setiap pagi hari sebelum makan untuk diet, mampu memaksimalkan pembakaran lemak. Pastinya harus dibarengi dengan olahraga agar pembakaran lemak pada tubuh bisa terjadi seara maksimal. Hal ini karena kandugan jeruk nipis yang bisa mempercepat sistem metabolsime tubuh.

 

© Dream
4 dari 5 halaman

Manfaat Air Jeruk Nipis

© MEN

Air perasan jeruk nipis pastinya kaya akan manfaat. Tidak perlu mencari vitamin dengan harga yang mahal untuk menjaga daya tahan tubuh. Cukup konsumsi air perasan jeruk nipis secara rutin bisa menjaga daya tahan tubuhmu dengan baik.

13. Mengingkatkan imunitas


Bnayak sekali ditemui vitamin tubh yang mengandung Vitamin C. Jika kamu ingin mendapatkan vitamin C secara alami, kamu bisa mengkonsumsi air perasan jeruk nipis secara rutin. Karena kandungan antioksidan flavanoid pada jeruk nipis bisa membantu meningkatkan imunitas.

14. Menyehatkan ginjal


manfaat jeruk nipis selanjutnya yaitu bisa menyehatkan ginjal. Asam sitrat pada jeruk nipis dapat mencegah proses pengikatan mineral lain yang dilakukan oleh kalsium. Rutin mengonsumsi air jeruk nipis akan mencegah terjadinya batu ginjal.

15. Mencegah kanker


Jeruk nipis memiliki kandungan liminoid yang bisa digunakan sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh. Kandungan ini pastinya bisa menurunkan risiko terkena kaker.

 

16. Mengatasi peradangan

Jeruk nipis ternyata juga bermanfaat dalam mengatasi peradangan pada tubuh baik itu tenggorokan ataupun persendian.

Hal tersebut juga diperkuat dengan adanya peneltian yang diterbitkan oleh Journal Annals of the Rheumatic Disease.

Penelitian itu menghasilkan, semakin sedikit seseorang mendapatkan asupan vitamin C di tubuhnya, maka semakin tinggi risiko terkena penyakit arthritis.

 

5 dari 5 halaman

Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut

© MEN

Banyak manfaat jeruk nipis yang bisa digunakan untuk rambut. Salah satunya yaitu menghilangkan ketombe, mencegah rambut rontok dan lain sebagainya. Yuk cari tau manfaat jeruk nipis untuk rambut.

17. Menebalkan rambut


Vitamin C pada rambut ternyata bisa memacu pertumbuhan akar rambut. Balurkan jeruk nipis secara rutin ke kulit kepala setiap sebelum keramas untuk mendapat rambut yang tebal.

18. Mengatasi rambut rontok


Selain menebalkan rambut, jeruk nipis juga bisa mengatasi rambut rontok. Gunakan jeruk nipis sebagai masker rambut 3 kali dalam seminggu.

19. Menghilangkan ketombe


Ketombe yang ada pada kulit kepala dan rambut pastinya sangat mengganggu penampilan. Kamu bisa menggunakan jeruk nipis untuk mengilangkan ketombe. Usapkan air jeruk nipis ke kulit kepala secara rutin, kemudian diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air.

Walaupun kecil, ternyata jeruk nipis memiliki sejua manfaat untuk tubuh. Mulai dari rambut, kulit wajah, hingga kesehata tubuh. Yuk beralih ke bahan alami!

20. Melembutkan rambut

Air jeruk nipis bisa menjadikan rambut lembut alami. Jadikan air jeruk nipis yang dicampur dengan madu dan minyak zaitun sebagai creambath. Aplikasikan ke rambut sebelum keramas. Lakukan secara rutin, hingga rambut akan terasa lebih lembut.

 

(Laporan: Jossi Andriani / dikutip dari berbagai sumber )

© Dream
Beri Komentar