2 dari 6 Makanan Termahal di Dunia Berasal dari Indonesia

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 14 Februari 2019 08:02
2 dari 6 Makanan Termahal di Dunia Berasal dari Indonesia
Cukup langka dan sulit untuk mengolahnya, tak heran kalau harganya selangit.

Dream - Setiap hari kita mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Kadang ada makanan yang bikin penasaran hingga harus antre berjam-jam untuk mendapatkannya. Ada juga makanan yang harganya sangat mahal.

Untuk mendapatkannya tak semudah yang dibayangkan. Itu pun harganya selangit. Apa saja makanan tersebut? Berikut daftarnya seperti dikutip dari Times of India.

White Truffle

Jamur putih atau white truffle kerap dicari dan sangat langka. Biasanya tumbuh di kawasan Italia dan Kroasia. Untuk mendapatkannya, tumbuhan ini hanya bisa berkembang di kondisi yang sangat spesifik.

Para petani setempat juga memiliki metode khusus untuk mengumpulkan dan melestarikannya.

Dikenal karena rasanya dan aromanya yang luar biasa, harga truffle putih ini sekitar US $2.100 atau Rp29,5 juta per 500 gram.

1 dari 4 halaman

Safron

Safron menjadi salah satu bumbu yang paling mahal dan berharga di dunia. Memiliki harga yang sangat tinggi karena proses pengolahannya membutuhkan banyak pekerja dengan ketelitian tinggi.

 Saffron© Pixabay

 

Saffron crocus atau bunga Crocus sativa ditanam hanya selama tujuh hari dalam setahun di musim gugur. Kemudian dikumpulkan dengan tangan dan dijemur dengan hati-hati hingga kering.

Safron tumbuh di Mediterania dan Asia untuk waktu yang lama. Bumbu beraroma ini harganya lebih dari US $500 per ons atau Rp7 juta per ons.

2 dari 4 halaman

Keju Moose

Keju ini terkenal sangat mahal karena sangat langka. Tempat produksinya juga hanya dilakukan di Moose House Farm di Swedia. Keju disiapkan hanya dengan susu Gullan, Haelga, dan Juno. Dibuat dari 5 liter susu moose atau rusa Amerika Utara setiap hari.

 Keju© Shutterstock

Susu tersebut juga dipilih khusus. Hanya dari Mei hingga September dan peternakan cuma boleh menjual keju sebanyak 300 kilogram dalam setahun. Keju moose bisa berharga sekitar US $1.074 per kilogram atau Rp15 juta.

3 dari 4 halaman

Kopi Luwak

Kopi luwak dikenal sebagai kopi termahal di dunia karena memiliki proses produksi yang tidak biasa. Kopi ini dihasilkan dari biji kopi yang telah dimakan oleh musang atau kucing luwak.

 Kopi Luwak© Pixabay

Kotoran binatang itu dikumpulkan, dikeringkan dan dijual sebagai jenis kopi yang langka. Karena pasokannya yang pendek dan permintaan yang tinggi, kopi Kopi Luwak dapat berharga hingga jutaan rupiah per kilogram.

4 dari 4 halaman

Ayam Cemani

Ayam Cemani dikenal karena warna hitamnya dan banyak dikembangbiakkan di Indonesia. Dikenal sebagai ayam Gothic, unggas ini memiliki kulit, daging, tulang, dan organ yang seluruhnya berwarna hitam.

 Ayam cemani© Shutterstock

Varietas ayam ini sangat langka dan kerap diolah menjadi obat tradisional dan menangkal ilmu sihir. Harganya bisa mencapai Rp3 juta per ekor.

(Sah, Laporan Ratih Permata Sari)

Beri Komentar