Es Kacang Merah Sumber Energi Saat Puasa

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 24 Juni 2015 06:00
Es Kacang Merah Sumber Energi Saat Puasa
Seporsi kacang merah yang telah diolah mengandung 5 mg zat besi. Hal tersebut setara dengan 30 persen kebutuhan nutrisi harian.

Dream - Kacang merah merupakan sumber zat besi yang baik untuk tubuh. Sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa karena dapat memenuhi kebutuhan energi yang hilang pada siang hari.

Seporsi kacang merah yang telah diolah mengandung 5 mg zat besi. Hal tersebut setara dengan 30 persen kebutuhan nutrisi harian.

Kacang merah juga terkenal akan kandungan serat yang bagus untuk pencernaan. Sehingga membantu melancarkan metabolisme tubuh dan menurunkan resiko gejala kanker usus besar. 

Selain itu, serat yang terdapat pada kacang merah dapat membantu menurunkan kadar kolestrol pada darah. Jadi, untuk yang sedang diet gula darah, bisa mengonsumsi kacang merah untuk sajian buka puasa. Agar rasanya tetap sedap di lidah, anda bisa mengolahnya menjadi takjil seperti di bawah ini:

Bahan-bahan:
Kacang merah 250 gr
Gula merah serut 250 gr
Kayu manis 5 cm
Susu kental manis coklat 10 sdm
Air 600 ml
Es secukupnya

Cara Membuat Es Kacang Merah :
Pertama, rendam kacang merah hingga mengambang kemudian cuci dan tiriskan.
Selanjutnya rebus dengan kayu manis hingga lunak, angkat dan sisihkan pada wadah yang telah dipersiapkan.
Setelah itu rebus gula merah dan aduk hingga gula larut dalam air yang sudah mendidih.
Masukkan kacang merah dan masak hingga benar - benar empuk. Proses ini membutuhkan waktu sedikit lebih lama. perhatikan air jangan sampai kehabisan karena akan menyebabkan rasa menjadi sangit.
Jika proses di atas telah selesai, sajikan kacang merah bersama es yang telah diserut dan ditambahkan dengan susu coklat di atasnya.

Selamat mencoba di rumah ya.

 

Beri Komentar