Es Krim dan Gelato, Sudah Tahu Bedanya?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 18 Januari 2022 18:47
Es Krim dan Gelato, Sudah Tahu Bedanya?
Ini persamaan dan perbedaannya.

Dream – Lembut, dingin, dan manis merupakan kesan pertama ketika menikmati es krim ataupun gelato. Keduanya sangat cocok untuk dinikmati ketika cuaca panas ataupun saat suasana hati kurang baik.

Sekilas es krim dan gelato terlihat sama saja. Tetapi, apakah keduanya memiliki perbedaan atau hanya penyebutannya saja yang berbeda? Berikut penjelasan mengenai es krim dan gelato yang dilansir dari Thekitchn.com.

Es krim

Makan Es Krim© Shutterstock

Pada dasarnya, es krim terbuat dari susu, krim, dan gula. Beberapa orang menambahkan kuning telur pada es krim agar rasanya lebih kaya dan lembut.

Es krim yang mengandung kuning telur mudah ditemukan di Prancis. Kini semakin banyak es krim yang mengandung kuning telur untuk memperkaya rasa.

Pembuatan es krim tidak begitu sulit. Hanya perlu mencampur semua bahan utamanya untuk dimasak hingga mengental. Setelah didinginkan, campurannya diaduk dengan kecepatan tinggi untuk menggabungkan udara dan membuat es krim menjadi lebih padat.

1 dari 3 halaman

Gelato

Sebenarnya, gelato merupakan bahasa Italia dari es krim. Namun, cara membuat gelato sedikit berbeda dari es krim biasa. Gelato mengandung susu yang lebih banyak dan krim yang lebih sedikit.

Es krim Italia itu juga tidak mengandung telur dan diaduk dengan kecepatan lebih lambat. Sehingga, gelato memiliki tekstur yang lebih lembut daripada es krim.

Perbedaan Besar Gelato dan Es Krim, Sudah Tahu?© MEN

Saat disajikan, gelato memiliki suhu yang lebih hangat. Teksturnya juga lebih lembut dan halus. Bertolak belakang dengan es krim, gelato mengandung lemak yang lebih sedikit dan rasanya pun lebih menonjol.

Jadi, Sahabat Dream lebih memilih es krim atau gelato?

Laporan: Anzila Riskia Putri

 

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

2 dari 3 halaman

Tak Terduga, Saus Tomat Bisa Dijadikan Bahan Kue

Dream – Memiliki banyak perpaduan rasa seperti rasa asin, manis dan asam membuat saus tomat sangat cocok untuk dijadikan tambahan pada semua jenis makanan. Banyak hidangan yang terasa lebih enak saat disajikan dengan saus tomat.

Seperti kentang goreng, roti, telur dadar, sandwich, dan masih banyak lagi. Saus tomat biasanya disajikan dengan hidangan gurih. Pernahkah Sahabat Dream membayangkan saus tomat diolah untuk campuran kue?

Ada Vending Machine Khusus Pastry Mewah, Tersedia 24 Jam

Terdengar sangat aneh, tapi nyata. Seseorang di situs Reddit, mengungkap kalau mengolah kue menggunakan saus tomat. Dalam unggahannya, pemilik akun SilentCittadel mengungkap kalau saus tomat untuk membuat kue akan membuat rasanya jadi lebih kaya.

Ia membuat menggunakan saus tomat merek Heinz. Hasil kuenya sangat mirip dengan Red Velvet, berwarna merah. Dikutip dari FoodNDTV, untuk membuat digunakan setengah cangkir saus tomat dan ditambahkan pewarna merah untuk makanan.

3 dari 3 halaman

Komentar pun bermunculan di unggahan tersebut. Seperti “ Saya pernah membuatnya, rasanya seperti kue bumbu lainnya. Ini layak dilakukan untuk hal baru, jika tidak ada yang lain" .

“ Ini sebenarnya resep saat era yang sulit Depresi. Gula, molase, baking powder, dll mahal dan sulit didapat sehingga orang menemukan cara untuk memanfaatkan apa yang mereka miliki untuk membuat kue. Tomat memiliki musim tanam yang panjang, murah, dan berlimpah,” tulis warganet lainnya.

Sahabat Dream mau coba membuatnya?

Laporan: Anzila Riskia Putri

Beri Komentar