Manfaat Madu Sebagai Campuran di Minuman Buka Puasa

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 19 April 2021 15:47
Manfaat Madu Sebagai Campuran di Minuman Buka Puasa
Pasti kamu mau yang manis-manis, kan?

Dream - Buka puasa enaknya memang dengan yang manis-manis. Eits, tapi jangan pilih menu manis sembarangan dan berlebihan, ya.

Meski mampu memanjakan lidah, sajian manis yang disantap secara berlebihan dapat memengaruhi kesehatan tubuh yang tidak sehat seperti timbulnya jerawat, meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, serta bobot tubuh.

Tapi kan sudah berpuasa kurang lebih 12 jam, masa nggak boleh makan yang manis-manis? Tentu saja boleh. Tapi jangan berlebihan ya, Sahabat Dream.

Kamu juga bisa mengganti asupan gula dengan madu sebagai bahan campuran sajian buka puasa, lho!

Madu sering kali menjadi alternatif pemanis yang menyehatkan untuk menggantikan gula. Kamu bisa menambahkan madu pada teh, kue, atau bisa juga dijadikan sebagai selai pada roti tawar.

Selain memberi sensasi manis dan bisa manjakan lidah, mau juga mampu memberikan manfaat untuk kesehatan. Berikut rangkumannya!

1 dari 3 halaman

Mengatasi penyakit diabetes

Madu klanceng bisa jadi alternatif pilihan madu. Manfaat madu klanceng yang pertama adalah untuk mengatasi penyakit diabetes.

Madu ini mampu menurunkan kadar glukosa yang ada di dalam darah. Selain itu juga terdapat kandungan senyawa biokatif polifenol yang sudah sejak zaman dahulu dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit diabetes.

Membantu menyembuhkan luka

Bagi kamu yang memiliki luka, solusi penyembuhannya adalah dengan menggunakan madu klanceng. Hal ini karena madu klanceng memiliki sifat antiseptik yang sangat bagus untuk proses penyembuhan luka.

Bahkan dari sebuah penelitian telah menemukan bahwa madu jenis ini dapat dijadikan sebagai salep yang diperuntukkan pada bekas luka operasi maupun luka lainnya.

2 dari 3 halaman

Mengatasi keputihan

Manfaat madu juga baik untuk para perempuan yang sering mengalami keputihan. Kondisi ini memang memberikan rasa tidak nyaman dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Madu klanceng memiliki kandungan anti mikroba yang bisa mengatasi keputihan.

Melancarkan menstruasi

Tidak semua perempuan yang mengalami menstruasi bisa berjalan secara lancar. Jika diketahui menstruasimu tidak lancar, jangan khawatir dulu. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan madu.

Kamu hanya perlu meracik madu ini dengan memberinya air kunyit. Setelah kamu konsumsi secara rutin, hal ini ampuh untuk membuat mentruasimu lancar setiap bulannya.

3 dari 3 halaman

Mencegah penyakit kanker

Penyakit ini memang sangat berbahaya. Namun, kamu bisa menghindari penyakit ini dengan menggunakan madu klanceng.

Madu klanceng memiliki kandungan antioksidan yang ampuh untuk mencegah terbentuknya sel-sel kanker di dalam tubuh.

Selain itu juga ada kandungan polifenol yang berperan sebagai anti kanker. Dengan begitu, sel-sel kanker yang ada di tubuh pun tidak akan mengalami perkembangbiakkan.

Beri Komentar