3 Waktu Pegawai Boleh Menjawab `Tidak`, Jangan Salah Ya...

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 30 Agustus 2017 08:44
3 Waktu Pegawai Boleh Menjawab `Tidak`, Jangan Salah Ya...
Terdengar simple, tapi kamu berani berkata tidak saat dapat tugas dari atasan?

Dream Sahabat Dream ada satu hal yang susah dilakukan ketika bekerja, yaitu berkata “ tidak”. Kata ini susah terlontar ketika teman kerja, apalagi atasan, meminta untuk melakukan sesuatu ketika pekerjaan sedang menumpuk.

Ada ketakutan dan menimbulkan dilema. Jika dilakukan, pekerjaan sendiri akan terbengkalai. Jika tidak dituruti, kamu akan dicap sebagai karyawan yang malas, sulit, egois, dan sebagainya.

Jadi, harus bagaimana dong?

Jangan khawatir. Pada dasarnya, kita bisa menolak permintaan itu ketika ada permintaan tolong dari seseorang.

Dilansir dari Hello Giggles, Rabu 30 Agustus 2017, ada tiga kondisi yang tepat untuk berkata “ tidak” di tempat kerja.

Pertama, saat tak punya waktu kosong. Semua orang suka dengan pegawai yang serba bisa. Tapi, menerima tugas tambahan ketika jadwal penuh itu sama saja dengan menciptakan musibah. Cobalah menolak permintaan ini dengan menjelaskan alasan dengan sopan. Atasan pasti akan memahaminya.

Kedua, ketika tak sesuai dengan pekerjaan. Alangkah penting untuk mengetahui seberapa pantas diri sendiri mengerjakan tugas tersebut. Jika mampu menggarapnya, silakan mengambil. Jika tidak, tidak apa-apa menolaknya dan menganjurkan orang lain yang lebih mampu mengerjakan tugas yang diberikan.

Ketiga, jika atasan atau kolega meminta kamu untuk melakukan sesuatu yang akan membahayakan etikaa—entah itu illegal atau tak bermoral, seperti menggelapkan dana perusahaan—tak apa-apa untuk berkata tidak.

“ Ada konsekuensi ketika hendak berkata tidak. Ini bisa terasa seperti lose-lose. Tapi, Anda sebaiknya tak mematuhi permintaan yang ilegal,” kata pakar karier, Lynn Taylor.

(Sah)

Beri Komentar