Teliti Model Kerja Tim Terbaik, Temuan Google Mengejutkan!

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 18 Juli 2018 07:15
Teliti Model Kerja Tim Terbaik, Temuan Google Mengejutkan!
Ada 5 temuan Google tentang seberapa dahsyat hasil kerja tim.

Dream – Kerja tim merupakan bagian yang tak terhindarkan dan penting untuk sebagian besar pekerjaan. Harvard Business Review menemukan waktu yang dihabiskan oleh manajer dan karyawan dalam kerja sama kolaboratif meningkat 50 persen atau lebih selama dua dekade terakhir.

Ini membuat sebagian besar waktu yang dihabiskan karyawannya digunakan untuk berkomunikasi atau bermitra dengan rekan kerja.

Lantas, apa yang akan membuat tim kerja lebih efisien, produktif, dan sukses? Apakah ada rahasianya?

Dilansir dari CNBC, Rabu 18 Juli 2018, Google melakukan studi selama lima tahun untuk menemukan tips untuk memaksimalkan efektivitas tim. Dari studi yang disebut dengan Project Aristotle, Google menyimpulkan tak ada rumus yang sempurna dan bisa diprediksi untuk membuat tim kerja yang hebat.

“ Para peneliti menemukan bahwa apa yang benar-benar penting adalah tentang siapa yang ada dalam tim dan bagaiman tim bekerja sama,” tulis Google.

Menurut Google, ada lima karakteristik tim kerja yang hebat. Berikut ini adalah rinciannya.

 

1 dari 5 halaman

Keamanan Psikologis

Yang berada di urutan pertama tim kerja yang hebat adalah keselamatan. Ya, sebuah tim memerlukan lingkungan kerja yang bebas penghakiman. Dengan begitu, orang bisa berbagi pikiran tanpa rasa takut. Semua anggota tim harus merasa dihargai dan seolah-olah pemikiran dan masukan mereka penting serta berkontribusi pada gambaran yang lebih besar. Tim menjadi efektif karena secara aktif mengumpulkan masukan dan pendapat dari anggota mereka.

Google menemukan bahwa tim dengan lingkungan yang aman secara psikologis, memiliki lebih banyak karyawan yang tidak hanya lebih kecil kemungkinannya untuk meninggalkan perusahaan. Tim ini juga bisa membuat perusahaan menjadi lebih sukses.

2 dari 5 halaman

Ketergantungan

Semua anggota tim memiliki peran dan tanggung jawab yang memungkinkan pekerjaan yang berhubungan dengan tim menjadi transparan. Setiap anggota tim tak hanya memahami pekerjaan dan harapan mereka sendiri, tetapi juga apa yang dilakukan oleh anggota tim.

Ketika ada rencana yang konkret, jelas, rasa ketergantungan ini akan membuat kejelasan dan kemudahan untuk melihat kemajuan yang dibuat dan langkah selanjutnya. Ini juga memungkinkan anggota untuk memenuhi harapan mereka sendiri. 

3 dari 5 halaman

Struktur dan Kejelasan

Tim perlu mengkomunikasikan sasaran secara teratur pada pertemuan dan di antara rapat. Dengan begitu, semua anggota tim memahani sepenuhnya update pekerjaan.

Untuk catatan, tim harus memiliki agenda rapat yang jelas agar waktu rapat tidak terbuang percuma. Pada setiap akhir pertemuan, tim yang memiliki kinerja yang tinggi, memahami cara dan langkah yang harus dilakukan agar tujuan tercapai.

4 dari 5 halaman

Makna

Jangan takut untuk menunjukkan rasa terima kasih dan penghargaan kepada semua orang yang terlibat dalam tim. Dengan memberikan umpan balik yang positif kepada anggota tim, kamu bisa memperkuat “ rasa” tujuan utama yang menjadi target tim.

5 dari 5 halaman

Dampak

Di perusahaan atau organisasi besar, melupakan gambaran yang lebih besar merupakan hal yang sangat mudah. Untuk memiliki tim kerja yang baik, jangan lupa untuk mendiskusikan dan mengingatkan tim tentang visi dan kontribusi pekerjaan,

Ini akan membuat anggota tim merasa pekerjaan mereka adalah pekerjaan yang penting. Dengan mengambil waktu sejenak untuk merenung, anggota tim akan merasa seolah-olah melayani tujuan yang lebih besar.

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya