Keuangan Negara Anjlok, Aljazair Segera Terbitkan Sukuk

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 25 September 2017 14:42
Keuangan Negara Anjlok, Aljazair Segera Terbitkan Sukuk
Negara ini ingin mencari pembiayaan lain di tengah lesunya harga minyak.

Dream – Aljazair berencana akan menerbitkan sukuk perdana tahun depan. Negara ini ingin mencari sumber pendanaan lain setelah harga minyak dunia jatuh.

Hal ini dikatakan oleh Perdana Menteri Aljazair, Ahmed Ouyahia. Dikutip dari Zawya, Senin 25 September 2017, Ouyahia akan memperkenalkan layanan keuangan syariah di dua bank pelat merah, sebelum akhir tahun ini dan juga kepada delapan bank lainnya pada 2018.

Ouyahia mengatakan, langkah ini merupakan bagian dari reformasi pemerintah Aljazair, setelah keuangan Negara anjlok lebih dari 50 persen akibat lesunya harga minyak dunia sejak 2014.

Kawasan Afrika Utara menolak pembiayaan berbasis syariah setelah perang dengan pergerakan Islam yang telah membunuh 200 ribu orang pada tahun 1990-an.

Namun, kesulitan keuangan telah mendorong pemerintah untuk mempercepat pelaksanaan reformasi yang telah lama tertunda, untuk mengurangi ketergantungan ekonomi dari minyak.

Di anggaran Aljazair, sektor minyak dan gas menyumbang 60 persen untuk anggaran negara dan 95 persen untuk ekspor. (ism) 

Beri Komentar