Anggaran Dinas dan Rapat PNS Setara 10 Jembatan Suramadu

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 9 Desember 2014 18:01
Anggaran Dinas dan Rapat PNS Setara 10 Jembatan Suramadu
Wakil Presiden Jusuf Kala menilai anggaran perjalanan dinas dan rapat kementerian sebesar Rp 40 triliun harus dipangkas dan dilakukan efisiensi.

Dream - Anggaran pemerintah kembali menjadi sorotan. Kali ini Wakil Presiden Jusuf Kalla menyoroti Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (ABN) sebesar Rp 40 triliun habis untuk perjalanan dinas dan rapat.

JK, sapaan Jusuf Kalla, menilai anggaran tersebut tidak efektif dan layak dipangkas.

" Penelitian APBN mengungkapkan Rp 40 triliun anggaran kita untuk perjalanan dan rapat," ujar JK seperti dikutip laman Merdeka.com, di gedung Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa, 9 Desember 2014.

Jika dibandingkan, anggaran rapat dan perjalanan dinas kementerian tersebut setara dengan pembangunan sekitar 9-10 jembatan Surabaya-Madura (Suramadu).

Pembangunan mega-proyek jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura ini ditaksir menghabiskan dana sekitar Rp 4,5 triliun.

Menurut JK, efisiensi anggaran dinas dan rapat kementerian harus segera dilakukan dengan menggelar rapat di kantor. Meski diakui, kebijakan ini akan berdampak pada berkurangnya pemasukan pengelola hotel.

" Kalau kita ingin efisien, ada korban juga, kenyamanan berkurang sehingga bayaran ke hotel berkurang," kata JK.

Namun JK sesumbar dampak efisiensi ini tidak akan berjalan lama. Pendapatan hotel akan bertumbuh seiring bertambahnya anggaran pemerintah akibat efisiensi.

" Karena kita efisien, hotel akan penuh lagi dengan tamu yang banyak tetapi bukan peserta rapat, tapi tamu yang benar-benar ingin bekerja," terang JK. (Ism)

Beri Komentar