Batas Termurah Biaya Umroh Bakal Diatur

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 15 Desember 2015 16:17
Batas Termurah Biaya Umroh Bakal Diatur
Kemenag menemukan adanya agen travel yang menarik biaya umroh murah dan terkadang tak masuk akal.

Dream — Kementerian Agama (Kemenag) sedang menyiapkan regulasi baru untuk mengatur biaya perjalanan ibadah umroh. nantinya, Kemenag akan mulai menerapkan aturan batas minimal biaya umroh.

Menurut Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, pengaturan ini dilakukan karena beberapa travel umroh banyak yang menawarkan biaya yang sangat murah dan tidak masuk akal.

“ Ada (travel umroh) yang begitu murah sekali yang menurut kita itu tidak mungkin. Misalnya, di bawah 1000 USD orang bisa berumroh, sekarang pesawatnya saja pulang pergi berapa, belum hotelnya selama di sana. Oleh karenanya, harus ada batas minimal biaya umroh itu berapa. Ini yang sedang kita hitung,” tutur Lukman di Jakarta, Senin, 14 Desember 2015.

Selain menetapkan biaya minimal perjalanan umroh, Kemenag juga akan menjalin kerjasama dengan Kedubes Saudi Arabia. Kerjasama itu meliputi proses pengeluaran visa jamaah umroh.

Meski begitu dalam proses pengeluaran visa terdapat berbagai persyaratan yang harus dipenuhi. Misalnya, memiliki tiket pulang pergi, lokasi hotel, dan jadwal selama di Tanah Suci.

“ Kalau itu semuanya terpenuhi, kita berharap visa baru dikeluarkan. Hal-hal seperti itu yang sedang kita proses,” tegas Lukman.

Terkait adanya sejumlah biro travel umroh tak berizin, Lukman memastikan telah mengambil tindakan. Beberapa travel bahkan telah diproses di jalur hukum.

Bahkan untuk beberapa temuan yang mengindikasikan adanya tindak pidana, Kemenag telah menjalin nota kesepahaman dengan pihak Polri. 

Untuk mencegah adanya tindak penipuan yang terjadi terulang, Lukman mengimbau masyarakat, agar bersikap kritis dalam berhubungan dengan biro-biro umroh. Dia meminta masyarakat memastikan izin biro travel, akomodasi dan maskapai yang digunakan, hingga terjaminnya visa perjalanan ibadah umroh.

“ Dengan demikian, mudah-mudahan masyarakat tidak menjadi objek penipuan pihak-pihak yang nakal,” harapnya.

Beri Komentar
Ria Irawan Larang Rano Karno Jenguk Dirinya, Kenapa?