Semua Senang! Begini Cara Sopan Resign dari Kantor

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 5 Oktober 2017 09:42
Semua Senang! Begini Cara Sopan Resign dari Kantor
Mengundurkan diri kerap membuat orang gagal bersikap tenang.

Dream – Berpindah tempat kerja merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh karyawan. Ada banyak faktor yang mendorong pegawai untuk berpindah pekerjaan.

Misalnya, pendapatan yang tidak sesuai dengan beban kerja yang tinggi, atasan yang semena-mena dan kesempatan berkembang yang kecil.

Dikutip dari Lifehack, Kamis, 5 Oktober 2017, studi Harris Interactive menunjukkan ada 74 persen orang yang ingin mencari pekerjaan baru. Apa pun alasannya, cara pengunduran diri yang dilakukan oleh karyawan bisa benar atau salah.

Memang, mengajukan pengunduran diri dari pekerjaan melibatkan emosi dan sulit membuat seseorang untuk bersikap tenang. Tak dapat dipungkiri, ada banyak uneg-uneg yang ingin dikeluarkan saat mengundurkan diri.

Tetaplah berpikir tenang dan lakukan yang terbaik untuk menjaga komunikasi tetap positif dan bersikap netral.

Lalu, bagaimana caranya mengundurkan diri tanpa menyinggung perasaan orang lain? Yang harus dilakukan ketika mengajukan pengunduran diri adalah berterima kasih kepada atasan untuk kesempatan bekerja yang diberikan. Jangan lupa berikan apresiasi positif kepadanya.

Selanjutnya, jangan lupa untuk memberikan alasan mundur dari pekerjaan. Lebih baik tidak menyebutkannya secara spesifik tentang pekerjaan baru yang didapatkan.

Tentu saja kamu tak mau memberikan kesan buruk kepada atasan dan rekan kerja, bukan?

Jangan lupa memberikan bantuan untuk melatih orang baru agar menjadi “ penerus” kamu di pekerjaan. Juga, ajukan pengunduran diri dua minggu sebelumnya. Langkah ini tidak akan membuat pengunduran diri kamu bersifat mendadak.

Yang paling penting, jangan lupa memberi tahu atasan tentang tanggal spesifik kamu terakhir bekerja di perusahaan. 

Selamat mencoba!

 

Beri Komentar