Bonus Gaji dari Raja, Warga Saudi Ramai-ramai Nikah Lagi

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 24 Februari 2015 16:15
Bonus Gaji dari Raja, Warga Saudi Ramai-ramai Nikah Lagi
Sebagian lagi menghabiskan uang untuk membeli jam mewah dan jalan-jalan ke luar negeri

Dream - Bonus dua kali gaji dari raja baru Arab Saudi Salman Abdulaziz tak disia-siakan penduduk negara tersebut. Seperti dugaan semula, warga Saudi ternyata banyak menghabiskan uang itu untuk berfoya-foya.

Sejumlah warga Saudi dilaporkan menggunakan uang bonus tersebut untuk membeli handphone baru, tas, atau berwisata ke luar negeri.

Sebagian pegawai pria berniat menggunakan uang bonus itu untuk menikah. Yang mengejutkan, pernikahan ini bukan hanya yang pertama tapi kedua dan ketiga.

" Saat ini waktunya bagi warga Saudi berpesta," kata Direktur Ashmore Grup wilayah Timur Tengah, John Stafianakis seperti ditulis New York Times dari laman CNBC, Selasa, 24 Februari 2015.

Keputusan Raja Salman memberikan bonus memang ibarat pesta besar bagi penduduk Saudi. Bagaimana tidak? Tak kurang dari US$ 32 miliar dana disiapkan untuk membayar tiga juta dari 5,5 juta tenaga kerja di negara itu.

Para penerima bonus adalah para pegawai negeri sipil, tentara, pensiunan, dan mahasiswa yang tengah belajar di luar negeri.

Tak hanya perusahaan pelat merah, beberapa perusahaan swasta juga mengikuti titah raja tersebut.

" Hal pertama yang saya lakukan adalah memerika gudang," kata Abdulrahman Alsanidi yang memiliki toko di Buraida, sebelah utara Riyadh.

Sementara itu, Abduelrahman Alhadlaq berharap bisa menginvestasikan bonus yang diterimanya itu. Sayang dia sangsi bisa melakukannnya karena tekanan keluarga yang memaksanya menghabiskan uang itu.

" Jadi mungkin anak bungsu yang akan menikmati bonus ini," katanya seraya menambahkan dirinya berpikir untuk memberikan jam baru dan jalan-jalan ke Dubai, Uni Emirat Arab.

Titah pemberian bonus dua kali ini memang membuat gempita jagat maya Saudi. Usai pengumuman raja Salman, para netizen ramai menggunakan hastag bertuliskan #two_salaries yang ditulis dalam bahasa Arab.

Sebuah gambar berisi guyonan bahkan melukiskan langit biru dipenuhi pesawat-pesawat dengan tulisan " Bandara Saudi usai dua bulan gaji"

Tradisi bonus memang sudah sering dilakukan kerajaan Saudi. Saat Abdullah Abdulaziz menjadi raja baru, para pegawai pemerintah mendapat tambahan gaji sebesar 15 persen.

Pada 2011, raja Abdullah kembali memberikan bonus satu kali gaji usai kembali dari pengobatan di luar negeri.

Beri Komentar