Kereta Bandara Soetta Gratis Bulan Depan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 23 November 2017 07:42
Kereta Bandara Soetta Gratis Bulan Depan
Pengoperasian ini dilakukan dalam rangka uji coba Kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Dream Sahabat Dream, uji coba Kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) tak lama lagi berlangsung awal Desember 2017. Kabar baiknya, tarif kereta bandara ini gratis selama sebulan.

“ Kami akan melakukan (gratis sementara), bisa sebulan sampai akhir tahun,” kata Direktur Keuangan PT Kereta Api Indonesia (Persero) KAI, Didiek Hartantyo, di Jakarta, dikutip dari Merdeka.com, Kamis 23 November 2017.

Didiek mengatakan perusahaan pelat merah ini masih mengkaji tarif tiket kereta bandara. “ Kajiannya, (harga tiket kereta bandara) antara Rp75 ribu-Rp100 ribu,” kata dia.

Didiek mengatakan uji coba Kereta Bandara Soetta ini mundur dari rencana, yaitu November 2017. Dia berkata pengerjaan infrastruktur kereta bandara ditargetkan rampung pada Sabtu 25 November 2017.

“ Nanti soft operation terlebih dahulu, belum dikomersialkan,” kata dia.

Didiek mengatakan kereta bandara bisa melayani masyarakat 80 kali pulang pergi dalam sehari. Pada jam sibuk, pengoperasian kereta bandara dilakukan selama 15 menit sekali. Tapi, kalau jam normal, bisa 30 menit sekali.

Dia menjamin keberadaan kereta bandara tidak mematikan transportasi lain yang melayani masyarakat ke bandara. Kereta bandara tersebut justru memberikan pilihan kepada masyarakat untuk menghindari kemacetan menuju bandara.

“ Kami melihat bahwa di saat saat tertentu kemacetan bandara luar biasa, sehingga kepastian waktunya menjadi tidak bisa dipegang. Kereta bandara diharapkan menjadi moda alternatif transportasi bagi masyarakat untuk melancarkan kegiatan. Jadi tidak ada niat mematikan yang lain,” kata Didiek. (ism) 

Beri Komentar