Danamon Syariah Layani Tabungan Haji Koperasi Beraset Rp8 Triliun Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 10 November 2019 15:01
Danamon Syariah Layani Tabungan Haji Koperasi Beraset Rp8 Triliun Ini
Unit syariah Danamon memberikan layanan dan kemudahan untuk mewujudkan naik haji.

Dream – Bank syariah semakin aktif menggaet nasabah baru. Tak hanya menggandeng perusahaan besar, pelaku industri keuangan syariah juga rajin turun ke bawah mengajak kerja sama usaha kecil bahkan koperasi. 

Strategi inilah yang dibuat Unit Usaha Syariah PT Bank Danamon Indonesia Tbk yang menggandeng Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Jasa. Dengan kerja sama ini, anggota koperasi bisa mendapat mendaftar haji di Bank Danamon.

“ Layanan dan kemudahan yang telah ditawarkan Danamon Syariah serta tawaran produk yang beragam diharapkan dapat membantu dan mewujudkan niat beribadah haji,” kata Syariah Business Head Danamon, Budhi Hernandi, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Sabtu 9 November 2019.

Melalui kerja sama ini, Kospin Jasa akan membukakan peluang akses pada anggota koperasi di seluruh Indonesia yang ingin pergi haji. Sementara Bank Danamon menjadi salah satu mitra penyedia solusi keuangan Syariah yang terintegrasi untuk membantu para anggota Kospin Jasa.

Untuk diketahui Danamon Syariah telah ditetapkan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sebagai BPS-BPIH pada 2018 lalu. Dengan penunjukan ini, Danamon Syariah bisa melayani pendaftaran serta pelunasan haji dan calon calon jemaah Haji mendapat kepastian nomor porsi.

Kospin Jasa merupakan salah salah satu koperasi terbesar di Indonesia dengan aset mencapai di atas Rp8 triliun. Kolaborasi dengan Kospin Jasa menjadi langkah yang diambil Danamon untuk mendorong tabungan haji.

Per Oktober, UUS Danamon membukukan lebih dari 5 ribu rekening berupa rekening tabungan jemaah haji (RJTH) dan tabungan rencana haji (RTH). Sejak diluncurkan pada Agustus lalu, rekeningnya meningkat 300 persen. Sementara itu, pendaftaran haji melalui Kospin cukup besar, yaitu mencapai 1.000 orang per bulannya.

“ Inisiatif kerja sama ini memberikan akses layanan perbankan bagi masyarakat yang belum tersentuh layanan keuangan,” kata dia.

1 dari 5 halaman

Danamon Rilis KPR Syariah Baru, Uang Beli Rumah Dibantu Bank

Dream – Bank Danamon Syariah mempermudah masyarakat mengakses pembiayaan rumah syariah. Unit usaha syariah PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) ini erilis produk pembiayaan pemilikan rumah syariah (PPRS) berakad musyarakah mutanaqisah (MMQ).

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Sabtu 6 April 2019, Direktur Syariah Bank Danamon, Herry Hykmanto, mengatakan, data Kementerian PUPR tahun 2015 mencatat jumlah kekurangan pasokan perumahan di Indonesia (backlog) mencapai 7,6 juta unit.

Perbankan diharapkan mampu mengurangi defisit perumahan tersebut hingga mencapai 5,4 juta unit rumah di tahun 2019.

 

 

“ Hal tersebut menjadi salah satu alasan Bank Danamon untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam mewujudkan impian masyarakat untuk dapat memiliki rumah sendiri,” kata dia di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Herry mengatakan perusahaan saat ini telah menyediakan sebuah alternatif pembiayaan baru bagi masyarakat untuk bisa memiliki rumah lewat pembiayaan syariah.

“ Produk ini merupakan salah satu alternatif yang akan dipasarkan melalui seluruh saluran distribusi Bank Danamon yang membuka layanan syariah,” kata dia.

Tak hanya rumah, PPRS MMQ juga disiapkan untuk membiayai properti ruko atau rukan, baik dalam keadaan baru maupun bekas. Produk ini juga bisa digunakan untuk inden, pembiayaan kavling, dan multiguna (KMG).

“ PPRS MMQ ini juga bisa digunakan untuk pembiayaan refinancing atau take over,” kata dia.

2 dari 5 halaman

Apa Itu Akad MMQ?

Akad Modal Bersama (Musyarakah Mutanaqisah / MMQ) adalah pembiayaan dengan skema kerja sama modal untuk pembelian properti. Pendapatan atas kerja sama tersebut dibagi hasilkan kepada nasabah dan digunakan untuk membeli porsi modal bank secara bertahap sesuai jangka waktu.

Pembayaran angsuran oleh nasabah digunakan untuk membeli porsi modal bank secara bertahap sehingga porsi modal nasabah akan meningkat. Diakhir masa pembiayaan, porsi modal nasabah menjadi 100 persen sehingga properti menjadi milik nasabah sepenuhnya.

Peluncuran produk PPR Syariah dengan Akad MMQ Bank Danamon disaksikan pejabat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Sarjito, Kepala OJK Provinsi Kalimantan Timur, Dwi Ariyanto, dan Direktur Syariah Bank Danamon, Herry Hykmanto. Hadir dalam peluncuran tersebut Syariah Financing Product Head Bank Danamon, Sutarto, dan Regional Corporate Officer Bank Danamon Wilayah Kalimantan, Eka Dinata.

3 dari 5 halaman

Lebaran, Danamon Siapkan Uang Tunai Rp3 Triliun

Dream – PT Bank Danamon Indonesia Tbk menyiapkan cadangan uang tunai sebesar Rp3 triliun untuk kebutuhan Hari Raya Idul Fitri 2018. Uang tunai ini dapat diambil nasabah melalui mesin ATM dan kantor cabang.

“ Sehubungan dengan libur Lebaran dan cuti bersama, Danamon berkomitmen untuk tetap melayani kebutuhan transaksi perbankan nasabah, baik dalam ketersediaan uang tunai maupun layanan melalui jaringan fisik dan elektronik, seperti ATM, mesin setor tunai, Mobile Banking dan Danamon Online Banking,” kata Direktur Syariah dan Operations Danamon, Herry Hykmanto, melalui keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 6 Juni 2018.

Herry mengatakan selama libur Lebaran nasabah juga dapat bertransaksi melalui electronic channel/jaringan elektronik Danamon yang tersedia 24 jam. Ini termasuk di ATM (meliputi transfer online ke bank lain yang telah terhubung dengan jaringan ALTO, ATM Bersama maupun Prima), setoran tunai melalui Cash Deposit Machine (CDM) dan Phone Banking Hello Danamon 1-500-090.

4 dari 5 halaman

Manfaatkan Transaksi Digital Banking

Selain itu, nasabah juga dapat bertransaksi melalui digital banking Danamon. Beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan seperti Danamon Online Banking untuk nasabah individu dan DConnect untuk nasabah institusi, SMS Banking, aplikasi mobile banking yang dilengkapi fitur Ponsel D-Cash), serta DCard Mobile.

 

 

“ Seluruh cabang Bank Danamon akan tutup pada Cuti Bersama dan Libur Hari Raya Idul Fitri tanggal 11-16 dan 18 Juni 2018. Pada tanggal 17 Juni 2018, Bank Danamon menghadirkan layanan Weekend Banking secara terbatas. Pada tanggal 19 dan 20 Juni 2018, cabang Bank Danamon akan buka secara terbatas,” kata dia.

(Sah)

[crosslink_1] 

5 dari 5 halaman

Danamon Syariah Beri Layanan Perbankan YPIA

Dream - PT Bank Danamon Indonesia Tbk, lewat Danamon Syariah, menandatangani nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama dengan Yayasan Pesantren Islam Al Azhar (YPIA). Unit usaha syariah ini akan menyediakan fasilitas pembiayaan dan layanan perbankan syariah bagi YPIA.

Penandatanganan dilakukan di Kantor Pusat YPIA di Jakarta Selatan tersebut dihadiri oleh Direktur Danamon Syariah, Herry Hykmanto, Ketua Umum YPIA, Muhammad Suhaji serta Bendahara YPIA, Sobirin.

" Kerja sama ini adalah salah satu bentuk dukungan Danamon Syariah terhadap sektor pendidikan dan pemberdayaan masyarakat yang kami harap dapat memperkuat hubungan Danamon dengan masyarakat muslim" kata Herry di Jakarta dikutip dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 1 Juli 2016.

Dia menjelaskan nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani kedua pihak ini mencakup pembiayaan pembangunan gedung sekolah, pembiayaan modal kerja, pengelolaan dana (cash management), serta pembukaan Tabungan Umrah dan Qurban bagi siswa, guru, dan karyawan Grup Al Azhar.

Sementara itu, Perjanjian Kerja Sama (PKS) mencakup penggunaan fasilitas E-channel, Virtual Account, dan jasa Cash Pick Up antara Danamon Syariah dengan Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Al Azhar.

 



" Melalui MoU dan PKS ini, Danamon melalui Unit Usaha Syariah, akan menjadi bank utama dalam menyediakan fasilitas perbankan, baik dari sisi pembiayaan investasi maupun dari sisi pelayanan perbankan dengan menyediakan pelayanan cash management dan layanan perbankan lainnya," kata dia.

Herry mengatakan saat ini YPIA memiliki jaringan pendidikan Islam di 14 provinsi yang terdiri atas 136 sekolah, 4.300 guru, dan 4300 siswa. Fokus kerja sama YPIA dan Danamon ini adalah pengembangna bisnis pendidikan di daerah-daerah, antara lain Tangerang, Bogor, Bandung, Banjarmasin, Surabaya, Medan, Mataram, dan Makassar.

" Dengan dukungan layanan perbankan Danamon, YPIA menargetkan pengembangan jaringan pendidikan kepada 500 kabupaten di seluruh Indonesia mulai tahun 2016," kata dia.

[crosslink_1]

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik