Hoax Bisa Sebabkan Kerugian Material?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 7 Januari 2019 15:43
Hoax Bisa Sebabkan Kerugian Material?
Kita kerap menemui berita palsu di internet.

Dream – Kabar penyebaran hoax tak jarang ditemui di jejaring sosial. Yang terbaru ada kabar palsu tentang kontainer yang berisi jutaan surat suara yang telah dicoblos.

Dikutip dari Liputan6.com, Senin 7 Januari 2019, berita palsu tak hanya merugikan reputasi penyebar. Ada juga kerugian material hingga puluhan juta di rumah sakit dan bandara. Ini juga sudah terjadi di beberapa negara.

Di Inggris, sebuah hoax melalui telepon pada 2017 telah merugikan rumah sakit sebesar 2.465 poundsterling (Rp44,11 juta). Itu merupakan ongkos yang dikeluarkan untuk pengiriman ambulans pada kasus hoax tersebut.

Ongkos besar lainnya akibat kabar palsu juga diderita oleh Bandara Manchester. Pada 2014, muncul kabar burung ada bom di maskapai Qatar Airways.

Dikutip dari The Guardian, pengamat imdustri penerbangan menyebut evakuasi massal penumpang akibat hoax ini memberikan kerugian puluhan ribu poundsterling atau ratusan juta rupiah.

Yang menanggung kerugian dalam berita palsu itu adalah pembayar pajak. Dana yang keluar untuk menanggulangi kasus itu diambil dari pajak.

2 dari 2 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
LIDA 2019, RESMI DIMULAI