Hobi Shopping Bukan Artinya Tak Bisa Saving, Begini Tipsnya!

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 27 Februari 2019 15:20
Hobi Shopping Bukan Artinya Tak Bisa Saving, Begini Tipsnya!
Ada baiknya jangan memaksakan diri untuk membeli barang-barang di luar kemampuan.

Dream - Berbelanja kini bukan hanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan harian, tapi juga menjadi hobi yang menyenangkan. Tidak heran jika kebiasaan ini kerap dikaitkan dengan pemborosan sehingga para shopaholic dinilai akan kesulitan untuk tetap bisa menabung.

Jika ingin belanja jalan terus tapi tetap bisa money saving, ada beberapa tips yang wajib dicoba.

Jangan Menggunakan Kartu Kredit Lebih dari Satu

Sudah umum di masyarakat untuk memiliki kartu kredit bahkan lebih dari satu untuk mempermudah berbagai transaksi keuangan, termasuk berbelanja. Tapi ada baiknya untuk membatasi kartu kredit yang dibawa agar dapat mengendalikan pengeluaran saat mengunjungi pusat perbelanjaan.

Bekali diri dengan catatan belanja sebelum meninggalkan rumah dan pastikan limit kartu kredit hanya cukup untuk membeli berbagai barang yang sesuai dengan kebutuhan.

Cukup Belanja Barang yang Dibutuhkan

Niatnya hanya ingin belanja beberapa barang, tapi pulang ke rumah dengan tangan yang penuh dengan kantong belanja. Sering mengalami hal ini? Kebiasaan lapar mata seringkali memicu kalap belanja dan berujung pengeluaran tak terduga.

Mulai biasakan diri untuk membawa daftar barang yang dibutuhkan saat berbelanja. Jika perlu manfaatkan fasilitas reminder pada ponsel pintarmu. Hal ini akan membantu menahan diri untuk membeli barang-barang di luar daftar, yang kebanyakan dipicu oleh keinginan sesaat.

Buat Budget Shopping Sesuai Kemampuan

Begitu uang ada di tangan, buat pos-pos pengeluaran, misalnya untuk membayar tagihan, membeli kebutuhan pokok sehari-hari, menabung, dan investasi. Sisa uang yang dimiliki baru bisa dimasukkan ke dalam anggaran belanja.

Ada baiknya jangan memaksakan diri untuk membeli barang-barang di luar kemampuan. Jangan sampai timbul penyesalan saat sebagian besar uang yang dimiliki tersedot untuk membeli satu jenis barang saja.

Pisahkan Uang Sehari-Hari dan Dana Tabungan Supaya Saldomu Tetap Aman Terkendali

Selain membuat pos-pos pengeluaran bulanan, tidak ada salahnya memiliki beberapa rekening tabungan untuk memisahkan uang sehari-hari dengan dana untuk tabungan.

Satu rekening dikhususkan untuk membayar berbagai tagihan dan kebutuhan rumah tangga, yang lain murni untuk tabungan, dan rekening lainnya menampung dana untuk belanja pribadi.

Cara ini akan memudahkanmu untuk mengetahui berapa dana yang dimiliki untuk dibelanjakan dan mengurangi godaan untuk menggunakan sumber keuangan lainnya untuk belanja.

Supaya tabungan yang disimpan bisa #JadiBerkah di masa depan, saatnya hijrah keuangan dan kelola keuangan sesuai prinsip syariah yuk, Sahabat Dream. Tabungan Wadiah dari Bank Syariah Mandiri bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sesuai namanya, tabungan ini dikelola sesuai akad wadiah dalam hukum finansial Islam. Dana yang disimpan dengan tabungan ini statusnya hanya titipan yang bisa diambil sewaktu-waktu oleh nasabah sesuai dengan syarat yang sudah disepakati.

BSM

Foto: Instagram/banksyariahmandiri

Tabungan Wadiah dari Bank Syariah Mandiri juga punya banyak keuntungan menarik. Setoran awalnya ringan, yaitu mulai Rp100 ribu saja dan saldo minimum Rp50 ribu. Kemudahan transaksi juga bisa dirasakan oleh nasabah lewat fasilitas Smart Banking menggunakan Mandiri Syariah Mobile dan Net Banking.

Asyiknya lagi, ada fasilitas gratis biaya administrasi yang memberikan kenyamanan dan ketenangan hati. Jadi, kamu bisa fokus menabung tanpa perlu khawatir saldo terpotong setiap bulannya.

Penarikan dana lewat ATM Mandiri dan Mandiri Syariah juga tidak dikenakan biaya administrasi.

Yang enggak kalah penting, kemudahan dalam menyalurkan zakat, infaq dan sedekah juga ada dalam genggaman.

Enggak hanya mendukung kamu punya tabungan masa depan, Tabungan Wadiah dari Bank Syariah Mandiri juga menyempurnakan ibadahmu. Info lebih lengkap klik di sini.

Masih ada penawaran menarik lainnya dari Bank Syariah Mandiri, lo. Ikuti online polling dari Bank Syariah Mandiri yang memberikan kesempatan memenangkan hadiah menarik bagi lima orang yang terpilih.

Yuk, isi surveynya di Google Form ini, siapa tahu kamu yang beruntung menjadi pemenangnya.

Beri Komentar