Tips Investasi Properti Syariah, Insya Allah Berkah & Hati Tenang

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 3 September 2019 06:36
Tips Investasi Properti Syariah, Insya Allah Berkah & Hati Tenang
Properti syariah bisa dijadikan alternatif untuk investasi.

Dream – Selain deposito, properti kini sudah banyak dijadikan salah satu produk investasi. Selain nilainya yang terus naik, aset properti seperti rumah atau apartemen bisa menjadi sumber pemasukan bulanan tambahan dengan cara disewakan. Jadi, trik ini bisa menambah pundi tabungan di masa depan.

Umat muslim juga kini bisa berinvestasi dengan lebih tenang. Banyak properti yang bisa didapat lewat pembiayaan sesuai syariah.

Dikutip dari keterangan Muslim Life Fest 2019, Senin 2 September 2019, Dewan Pengawas Properti APSI (Asosiasi Properti Syariah Indonesia) Hardiana, mengatakan ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam properti syariah.

“ Pertama, yang harus kita hindari adalah riba. Kedua, tidaklah gharar (penipuan). Ketiga, harus terhindar zalim,” kata Hardiana di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream.

Hardiana menyarankan umat muslim yang ingin berinvestasi dalam bentuk properti harus memperhatikan tiga hal. Salah satu aspek terpenting dalam membeli properti syariah adalah seorang calon pembeli harus mengetahui aspek legalitasnya terlebih dahulu.

“ Ketika akan membeli properti, kita harus mengetahui legalitasnya terlebih dahulu,” kata dia.

1 dari 6 halaman

Kantongi Izin Dampak Lingkungan

Legal ini berarti properti sah secara hukum dan agama. “ (Properti) memiliki produk hukum yang sesuai dengan peraturan pemerintah sesuai tempat tinggal,” kata dia.

Hardiana melanjutkan properti yang dipilih seharusnya mengantongi izin lingkungan dari pemerintah setempat. Kalau tak ada, sebaikbya dihindari karena berpotensi bermasalah.

“ Selain itu, calon pembeli juga bisa menanyakan siteplan kepada pengembang untuk memastikan keamananya,” kata dia.

2 dari 6 halaman

Dekat dengan Fasilitas Umum

Dalam memilih properti, biasanya seseorang akan mempertimbangkan kedekatan antara properti yang hendak dibeli dengan beberapa tempat umum seperti stasiun, halte dan bahkan jalan tol. Hal ini tidak salah.

Namun ada baiknya, calon pembeli juga harus memperhatikan tempat tinggal yang hendak ditempati dengan sejumlah tempat kegamaan. Misalnya masjid, sekolah Islam, dan rumah tahfiz. 

3 dari 6 halaman

5 Tips Berinvestasi Properti yang Menguntungkan

Dream – Properti menjadi salah satu instrumen yang menarik untuk berinvestasi. Pertumbuhannya cukup tinggi sehingga cukup menjanjikan.

Meski begitu, kamu perlu melakukan riset kecil sebelum menanamkan uangmu di sektor ini. Riset sederhana ini diperlukan untuk memahami faktor utama dalam pembelian dan memastikan harga perolehan properti sesuai dengan harga pasar. 

Perusahaan properti terkemuka di Jakarta, The Stature, membagikan lima tips untuk menentukan investasi properti. Yang pertama adalah lokasi.

Lokasi merupakan faktor utama yang mempengaruhi permintaan dan nilai properti. Konsumen harus merasa diuntungkan dengan letak properti seperti akses, kenyamanan, dan keamanan.

Yang kedua, reputasi pengembang. Sebaiknya, kamu membeli properti yang dibangun oleh pengembang ternama.

Developer yang sudah punya nama akan menjaga reputasi dan kepercayaan konsumen. Selain itu, mereka bakal menyerahkan properti tepat waktu.

4 dari 6 halaman

Coba Lihat Fasilitasnya

Ketiga, cobalah melihat rangkaian fasilitas. Properti yang baik menyediakan beragam fasilitas yang mendukung gaya hidup dan kesejahteraan para penghuni, seperti tempat olah raga, tempat bermain anak, dan ruang terbuka hijau. Kamu juga bisa mempertimbangkan privasi, ketenangan, dan keamanan.

Keempat, kamu harus bisa menentukan waktu terbaik untuk berinvestasi. Ini berkaitan dengan peningkatan nilai aset.

Di Indonesia, harga properti cenderung meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Supaya timing-nya pas, lebih baik melakukan analisis dan prediksi supply and demand pasar. 

Analisis ini membantu mendapatkan properti yang terbaik. Begitu dapat, kamu bisa berinvestasi dengan nyaman.

Kelima, buat pengamatan jangka panjang dan kelola risiko sebaik mungkin. Real estate adalah investasi yang memerlukan modal besar, memberikan peluang untuk mendapatkan peluang berulang, dan meningkatkan nilai aset.

Tetapi, real estate ini bergerak dalam siklus. Carilah peluang untuk membeli saat siklus turun untuk memaksimalkan keuntungan.

Selamat mencoba!

[crosslink_1]

5 dari 6 halaman

Wow, Ini Deretan Bisnis Properti Suami Nia Ramadhani

Dream – Di telinga masyarakat, nama Nia Ramadhani tak asing lagi. Wanita yang mulai menanjak namanya setelah menjadi pesinetron ini semakin tenar setelah menikah dengan anak dari keluarga pengusaha dari keluarga Bakrie, seorang pengusaha, Ardi Bakrie.

Setelah menikah, Nia memang sempat vakum dari layar kaca. Namun namanya masih terkenal sebagai salah satu selebriti muda sukses. Kini Nia memang telah aktif kembali di layar kaca namun membatasi pekerjaan yang diterima.

Semenjak menikah, nama Nia dan Ardi seolah terus melekat. Keduanya memang sering terlihat bersama dan tak jarang mengumbar kemesraan di sosial media

Berasal dari keluarga pebisnis, Ardi memang banyak berkarier sebagai pengusaha. Namanya begitu muda diingat publik karena dia adalah orang nomor satu media televisi TVOne dengan jabatan presiden direktur.

Dikutip dari Wikipedia, Bakrie Group merupakan bisnis yang dirintis oleh kakek Ardi, Achmad Bakrie pada 1942. Perusahaan ini bergerak di bidang properti, telekomunikasi, infrastruktur, agribisnis, yayasan, serta tambang dan migas,

6 dari 6 halaman

Punya Deretan Hotel Mewah

Properti, khususnya hotel, menjadi salah satu bisnis Bakrie Group. Perusahaan ini menjalankan beragam hotel bintang lima, seperti Aston Rasuna Hotel and Residential, Aston Bogor Hotel and Resort, Krakatoa Nirwana Resort, dan Pullman Bali Legian Nirwana.

Ada juga pusat perbelanjaan yaitu Plaza Festival dan Epiwalk.

Bakrie Group juga mengoperasikan properti lainnya, misalnya The Convergence Indonesia, Sand and Coral Tower, serta Rasuna Office Park. Anak usaha Bakrie Group ini juga berbisnis tempat wisata, yaitu Jungle Land dan Jungle Water Festival and Mall.

Semua properti ini dikelola oleh PT Bakrieland Development Tbk (Bakrieland).(Sah)

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik