Dream - Setiap bisnis yang ingin meraih sukses harus mulai terjun ke dunia mobile. Usaha kecil termasuk salah satu yang harus memahami hal ini. Apalagi saat ini dunia begitu tersambung dengan yang lainnya karena setiap saat orang bisa mengakses informasi dari mana saja dan kapan saja.
Untuk itu, seperti dikutip Entrepreneur, Senin, 9 November 2015, beberapa tips berikut mungkin bisa membantu bisnis kecil menjadi perusahaan yang mobile.
1. Membuat situs perusahaan mobile-friendly
Hal ini tidak saja direkomendasikan, tetapi menjadi syarat utama: situs perusahaan Anda harus mobile-friendly. Jika Anda tidak yakin tentang hal ini, lakukan pengujian untuk memeriksanya. Cukup membuka situs perusahaan melalui browser di desktop, kemudian arahkan kursor ke bagian kanan bawah situs sambil menyeret ke tampilan kecil.
Jika teks dan gambar ikut berubah ukurannya, berarti perusahaan Anda sudah ramah terhadap tampilan mobile. Jika belum, saatnya untuk menyesuaikan situs atau menerapkan SEO mobile pada situs perusahaan Anda.
2. Memanfaatkan iklan mobile
Memiliki program iklan mobile untuk bisnis kecil adalah keharusan. Mengapa? Karena tidak semua orang yang menggunakan perangkat mobile akan melihat langsung produk atau layanan Anda. Iklan mobile menarik para pelanggan di luar jangkauan Anda. Katakanlah Anda memiliki usaha restoran pizza, iklan mobile akan membawakan para pelanggan yang menggunakan kata 'pizza' dalam pencariannya ke situs Anda.
Agar bisnis Anda lebih mengena di hati pelanggan, cobalah untuk memanfaatkan aplikasi mobile. Cara akan membantu pemasaran produk Anda secara mobile melalui notifikasi, geo-fencing, link ke media sosial, dan seterusnya.
3. Memanfaatkan pelanggan
Ketika menghadirkan bisnis ke dalam smartphone, cobalah untuk menempatkan diri di posisi mereka. Lakukan riset mobile tentang bisnis serupa. Cari tahu apa yang membuat pelanggan tertarik pertama kali kepada bisnis atau apa yang membuat mereka datang kembali untuk mendapatkan lebih tentang produk atau jasa.
Seperti disebutkan sebelumnya, pelanggan selalu menggunakan smartphone mereka - manfaatkan peluang ini. Sebuah aplikasi mobile ditambah dengan situs mobile merupakan gabungan yang bagus untuk membangun pelanggan yang loyal. Permudah pelanggan untuk menavigasi bisnis di situs perusahaan melalui smartphone Anda.
4. Selalu responsif dan original
Desain situs perusahaan mobile yang responsif sangat bagus untuk mendatangkan klien potensial. Ketika seseorang membuka browser pada perangkat mobile untuk melakukan pencarian, desain responsif akan memungkinkan perusahaan Anda dapat ditemukan dengan cepat.
Sebuah aplikasi mobile original akan mendorong mereka untuk datang kembali untuk mendapatkan lebih tentang produk Anda. Desain responsif merupakan langkah awal dalam dunia mobile. Buatlah program loyalitas pelanggan sehingga mereka selalu datang lagi dan lagi.
Advertisement
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Psikolog Ungkap Pentingnya Pengawasan Orangtua Saat Anak Main Game
Inspiratif, Tiga Artis Cantik Ini Ternyata Founder Komunitas
Fakta-Fakta Ciamis Jadi Kota Kecil Terbersih se-ASEAN
Psikolog Ungkap Pentingnya Pengawasan Orangtua Saat Anak Main Game
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Tak Hanya di Indonesia, 7 Mitos Aneh di Berbagai Belahan Dunia
Mahasiswa Sempat Touch Up di Tengah Demo, Tampilannya Slay Maksimal
Bentuk Roti Cokelat Picu Komentar Pedas di Medsos, Chef Sampai Revisi Bentuknya
Peneliti Ungkap Pemicu Perempuan Sanggup Bicara 20 Ribu Kata Sehari?