Dream - Crowdfunding (patungan) – dalam segala bentuknya - kini menjadi pilihan utama untuk mendanai bisnis baru. Sudah banyak contoh sebuah bisnis yang berhasil dibangun dan sukses dengan pembiayaan dari patungan investor.
Pendanaan produk baru atau bisnis startup melalui crowdfunding seperti Kickstarter atau IndieGoGo bisa menjadi sarana yang bagus untuk melakukan riset pasar.
Ketika banyak orang bersedia menyisihkan uang untuk membantu mengembangkan produk prototipe, implikasi yang jelas adalah bahwa ada kebutuhan dan pasar. Crowdfunding juga merupakan saluran yang sangat baik untuk membangun basis pelanggan atau memanfaatkan yang sudah ada.
Crowdfunding bisa dijadikan sumber pendanaan yang layak, tapi hanya jika dilakukan dengan benar. Seperti dikutip dari Entrepreneur, Selasa, 24 November 2015, berikut adalah lima kunci untuk sukses dalam crowdfunding.
1. Inspirasi
Kampanye crowdfunding yang terbaik adalah yang bisa merebut hati orang atau menginspirasi orang, karena menyangkut imbalan atau laba atas investasi yang mereka masukkan. Untuk menginspirasi orang, mulailah dengan membuat ide besar. Ide besar tersebut bisa berupa solusi baru untuk masalah lama, atau solusi untuk masalah yang orang bahkan tidak menyadarinya.
Crowdfunding bukan jalan keluar bagi ide produk yang buruk yang tidak memenuhi kebutuhan mendesak bagi pasar yang besar. Dan agar crowdfunding cepat mendapat respon dari orang, gunakan media yang paling kuat untuk mentransmisikan pesan Anda, yaitu menggunakan video.
2. Interaksi
Crowdfunding tidak sekedar transfer dana satu arah dari pendukung kepada startup. Ini adalah percakapan dua arah. Jadi, startup yang mencari crowdfunding harus berinteraksi dengan pendukung dan pendukung potensial. Pastikan Anda memeriksa dan selalu tersedia di platform media sosial yang digunakan pendukung. Berusahalah untuk merespon secara tepat waktu untuk setiap komentar dan pertanyaan yang diajukan pendukung.
3. Pengaruh
Tingkatkan cakupan dan kekuatan kampanye dengan mengajak influencer yang dapat membawa pesan Anda ke pelanggan dan pendukung yang lebih besar. Anda bisa meminjam kekuatan tak tertandingi dari trendsetter, blogger dan jurnalis dengan menulis tentang produk Anda. Mereka bahkan bisa diajak untuk mendukung Anda dan memberitahu pengikutnya tentang produk Anda.
Sembari memastikan basis media sosial tetap tercover, jangan mengabaikan media tradisional. Kirim siaran pers tradisional dan artikel kepada lembaga penyiaran, surat kabar dan majalah yang dilihat dan dibaca oleh audiens target Anda. Ulasan pada acara yang disaksikan oleh jutaan pemirsa bisa membuat perbedaan pada kampanye Anda.
4. Riset
Pelajari semua hal tentang pasar dan pelanggan dan kebutuhan mereka sebelum Anda merancang usaha crowdfunding. Pengusaha startup melalui crowdfunding kadang-kadang ingin terburu-buru dalam bertindak. Namun jika melakukan riset sebelumnya, waktu dan usaha yang dihabiskan akan terbayar kemudian setelah pesan Anda tepat sasaran dan mendapat respon dari pendukung.
Meski crowdfunding dianggap sebagai cara mudah untuk mendanai pengembangan produk prototipe, pengusaha yang telah memiliki penawaran yang mapan dan siap dipasarkan cenderung mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang hanya menawarkan ide atau cetak biru.
Dengan pemikiran ini, mungkin Anda mempertimbangkan mengawali startup menggunakan dana internal dan dari teman dan keluarga untuk menyaring desain Anda, setelah itu kembangkan dengan mengenalkan kepada calon pelanggan dan tambahkan ide yang benar-benar siap untuk pasar.
5. Detail
Sama seperti mengajukan pinjaman di bank yang memerlukan rincian yang tersaji lengkap dan akurat, penggagas crowdfunding perlu menyajikan detail tentang produknya kepada pendukung dan pendukung potensial mereka.
Semua materi yang digunakan dalam kampanye harus tampak profesional dan menyampaikan gagasan bahwa ini adalah bisnis yang serius dengan produk nyata dan rencana yang layak.
Gunakan bahasa yang jelas dan menarik untuk memberitahu pendukung mengapa mereka harus mendukung produk dan perusahaan Anda. Dan pastikan untuk menyertakan gambar untuk memastikan pesan Anda tersampaikan secara lebih jelas.
Penting untuk menyajikan foto close-up resolusi tinggi tentang produk Anda untuk menunjukkan bahwa produk Anda nyata dan siap untuk masuk dapur produksi dan kemudian dipasarkan.
Advertisement
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Psikolog Ungkap Pentingnya Pengawasan Orangtua Saat Anak Main Game
Inspiratif, Tiga Artis Cantik Ini Ternyata Founder Komunitas
Fakta-Fakta Ciamis Jadi Kota Kecil Terbersih se-ASEAN