Ini Cara Jitu Gaet Calon Karyawan

Reporter : Ramdania
Minggu, 24 Januari 2016 10:01
Ini Cara Jitu Gaet Calon Karyawan
Di tengah krisis tenaga kerja, sebuah perusahaan harus mencari jalan untuk mendapatkan calon pegawai yang berkualitas. Memiliki `branding` yang kuat menjadi salah satu cara perusahaan agar `dilirik`.

Dream - Teknologi telah menjadi tulang punggung dan bagian strategis dari perusahaan dalam melakukan perekrutan karyawan.

Dengan teknologi, perusahaan bisa mengetahui data seorang karyawan, mulai dari saat wawancara, penerimaan, hingga keluar dari perusahaan.

Seperti dikutip dari Gulf News, Minggu 24 Januari 2016, teknologi juga membantu perusahaan menerapkan standar strategi perekrutan dan manajemen terpadu lintas batas, yang mampu mengoptimalkan manajemen karyawan dengan mudah dan transparan.

Karena banyak perusahaan yang menyisihkan anggaran besar untuk membangun jejak digital mereka, kehadiran perusahaan secara online tidak dapat diremehkan. Melakukan branding secara online bisa menjadi penentu perusahaan mendapatkan karyawan yang berbakat.

Karena dunia perekrutan semakin kompetitif, perusahaan perlu memperkuat area-area berikut agar menjadi incaran calon karyawan. Berikut caranya: 

 

Melakukan branding perusahaan secara online

Karena dunia perekrutan memanas, banyak perusahaan - besar dan kecil - sudah menerapkan strategi branding perusahaan, untuk memposisikan diri sebagai perusahaan pilihan. Ini adalah komponen penting dari strategi agar perusahaan menarik bagi kandidat sehingga bisa melakukan perekrutan yang tepat sekaligus memperkuat retensi karyawan.

Untuk meluncurkan sebuah inisiatif branding yang efektif, profesional di bidang HR perlu hati-hati mempertimbangkan audiens target mereka, untuk membangun strategi komunikasi yang kuat dan menentukan media platform yang tepat.

Dan usaha ini harus dilakukan untuk jangka menengah-panjang, bukan transaksional. Calon karyawan di zaman sekarang tidak hanya menginginkan gaji - mereka ingin mengetahui tentang budaya, nilai-nilai dan lingkungan kerja perusahaan.

Branding perusahaan yang kuat memiliki tiga pendekatan dasar - orang, lingkungan dan keuntungan. Orang-orang dalam perusahaan dan tanggung jawab lingkungan adalah area fokus perusahaan dan keuntungan merupakan faktor turunan.

 

Keputusan yang lebih baik melalui analisis

Salah satu yang paling membuat bidang HR telah berkembang adalah pemanfaatan data dan analisis karyawan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Tapi meski sebagian besar profesional HR memahami pentingnya analisis, sedikit yang benar-benar berhasil memanfaatkan itu.

Perubahan paling mendasar adalah cara perusahaan menganalisis data - memprediksi apa yang mungkin terjadi di masa depan - daripada menganalisis apa yang telah terjadi!

Pada tingkat mikro, perusahaan dapat mengubah pendekatan mereka terhadap lowongan pekerjaan online atau jaringan profesional dengan memantau tren dan mempelajari data. Misalnya, perusahaan dapat mengetahui tipe calon karyawan dengan melihat profil mereka dan membuat penyesuaian yang diperlukan untuk memastikan perekrutan berhasil.

Pada tingkat yang lebih luas, teknologi manajemen HR pintar bisa membantu perusahaan menciptakan cetak biru untuk lebih mengembangkan karyawan yang ada, menentukan produktivitas untuk optimasi tenaga kerja, dan mengurangi beban administrasi melalui alur kerja yang efisien.

Ini memberikan bukti bahwa tim HR benar-benar penting dan berada di garis depan untuk secara sistematis merencanakan strategi tenaga kerja masa depan atau memodifikasi yang ada saat ini.

 

Jangan kehilangan sentuhan manusia

Teknologi mendatangkan efisiensi, tetapi kunci untuk membuat perbedaan terletak pada sentuhan manusia. Terlepas dari strategi branding perusahaan Anda, teknologi adalah bagian kecil dari upaya untuk mendukung sukses perusahaan Anda.

Ketika seorang manajer menulis ucapan terima kasih kepada kandidat yang tidak lolos, hal ini menunjukkan penghargaan terhadap waktu dan tenaga yang sudah dicurahkan kandidat. (Ism)

Beri Komentar