Apple Store Di New York (sumber: Http://www.gentside.com/)
Dream - Posisi Apple dan Google sebagai pemuncak merek paling mahal dunia belum tergoyahkan. Interbrand's Best Global Brand menempatkan kedua perusahaan ini dalam posisi pertama dan kedua dunia.
Mengutip keterangan tertulisnya, Jumat, 10 Oktober 2014, valuasi Apple saat ini ditaksir mencapai US$ 118,9 miliar atau naik 21 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Menguntit dibelakanganya adalah Google yang mencetak kenaikan valuasi 15 persen menjadi US$ 107,43 miliar.
" Pencapaian yang diraih Apple dan Google juga membuat pemeringkatkan Best Global Brands dari Interbrand mencetak sejarah baru. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, terdapat dua perusahaan yang memiliki nilai merek diatas US$ 100 miliar.
" Apple dan Google yang melesat cepat diatas US$ 100 miliar merupakan bukti kekuatan dari upaya pembangunan sebuah merek," kata CEO Interbrand's Global, Jez Frampton.
Pemeringkatan valuasi merek produk oleh Interbrand menggunakan metodologi yang diklaim telah bersertifikat ISO. Metodologi ini mencoba mengukur peran sebuah merek terhadap perusahaan dalam upayanya menggapai konsumen sekaligus mendorong nilai ekonomis.
Dalam menilai 100 merek termahal di dunia, Interbrand menilai beberapa aspek terutama tiga hal utama yaitu kinerja keuangan dari merek produk dan layanan, peran merek dalam mempengaruhi pilihan konsumen, dan kekuatan merek dalam menciptakan harga premium sekaligus mengamankan pendapatan perusahaan.
Dari penilaian tersebut, Interbrand setidaknya menemukan lima perusahaan dengan valuasi merek yang mengalami peningkatan pesat. Raksasa media sosial Facebook muncul sebagai pencetak kenaikan valuasi merek tertinggi dengan peningkatan 86 persen, diikuti Audi 27 persen, Amazon 25 persen, Volkswagen 23 persen, dan Nissan 23 persen.
Interbrand juga mencatat adanya lima pendatang baru yang memiliki valuasi merek termahal di dunia. Kelima merek itu adalah DHL yang berada di peringkat 81, Land Rover (91), FedEx (92), Huawei (94), dan Hugo Boss (97).
Kehadiran Huawei dalam pemeringkatan ini sekaligus menandai masuknya merek perusahaan dari kawasan Asia ke dalam daftar Interbrand's Best Global Brand untuk pertama kalinya.
Berikut adalah 10 merek termahal dunia yang dilansir Interbrand:
1. Apple
Bidang: Teknologi
Valuasi merek: US$ 118,86 miliar
Kenaikan: 21 persen
2. Google
Bidang: Teknologi
Valuasi merek: US$ 107,43 miliar
Kenaikan: 15 persen
3. Coca-Cola
Bidang: Makanan
Valuasi merek: US$ 81,56 miliar
Kenaikan: 3 persen
4. IBM
Bidang: jasa bisnis
Valuasi merek: US$ 72,24 miliar
Kenaikan: -8 persen
5. Microsoft
Bidang: teknologi
Valuasi merek: US$ 61,15 miliar
Kenaikan: 3 persen
6. GE
Bidang: diversifikasi
Valuasi merek: US$ 45,48 miliar
Kenaikan: -3 persen
7. Samsung
Bidang: Teknologi
Valuasi merek: US$ 45,46 miliar
Kenaikan: 15 persen
8. Toyota
Bidang: otomotif
Valuasi merek: US$ 42,39 miliar
Kenaikan: 20 persen
9. McDonald's
Bidang: Restoran
Valuasi merek: US$ 42,25 miliar
Kenaikan: 1 persen
10. Mercedez-Benz
Bidang: Otomotif
Valuasi merek: US$ 34,33 miliar
Kenaikan: 9 persen
Advertisement
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Psikolog Ungkap Pentingnya Pengawasan Orangtua Saat Anak Main Game
Inspiratif, Tiga Artis Cantik Ini Ternyata Founder Komunitas
Fakta-Fakta Ciamis Jadi Kota Kecil Terbersih se-ASEAN