Jack Ma Minta Karyawan Kerja 12 Jam Sehari

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 15 April 2019 17:44
Jack Ma Minta Karyawan Kerja 12 Jam Sehari
Ucapannya menuai kontroversi karena Jack Ma mencetuskan sistem kerja 996 yaitu bekerja dari jam 9 pagi hingga 9 malam selama 6 hari.

Dream – Miliarder Tiongkok, Jack Ma, menuai banyak kritik setelah melontarkan pernyataan tentang jam kerja karyawan. Ma sebelumnya meminta karyawan Alibaba untuk bekerja selama 12 jam per hari.

Dikutip dari Straits Times, Senin 15 April 2019, salah satu pendiri Alibaba Group ini mencetuskan sistem kerja 996, yaitu bekerja 12 jam dari jam 09.00 sampai 21.00 selama enam hari seminggu. Jack Ma juga tidak mencari orang-orang yang berharap bisa bekerja selama delapan jam di kantor.

“ Komentar saya secara internal beberapa hari yang lalu tentang 996 menyebabkan perdebatan dan kritik tanpa henti,” tulis pria ini dalam sebuah blog.

“ Saya mengerti orang-orang ini. Saya bisa mengatakan sesuatu yang benar. Tapi, kita tidak kekurangan orang untuk mengatakan hal-hal ‘benar’ di dunia saat ini. Yang kita miliki adalah kata-kata jujur yang membuat orang berpikir,” kata tulis dia.

“ Mereka yang bisa bertahan pada jadwal 996 adalah mereka yang telah menemukan hasrat mereka di luar keuntungan moneter,” tulis Jack Ma.

Kepala Eksekutif Alibaba, Richard Liu, mengatakan tidak akan pernah memaksa staf untuk bekerja dengan sistem 996. Dia justru menganggap orang yang malas-malasan bukan “ saudara laki-lakinya”.

Pada hari Minggu, Ma mengatakan memaksa karyawan untuk bekerja sangat melelahkan adalah " tidak manusiawi" - tetapi beberapa orang ingin melakukannya.

1 dari 2 halaman

Jack Ma: Jangan Sepelekan Pekerjaan Pertama

Dream – Pendiri Alibaba, Jack Ma, menjadi salah satu pembicara dalam acara World Economic Forum (WEF). Dia berpesan kepada generasi milenial agar tidak menyepelekan pekerjaan pertama.

“ Jika saya menasihati orang-orang muda ketika lulus dari suatu tempat dan kamu sedang mencari pekerjaan, pekerjaan pertama adalah yang paling penting,” kata Jack Ma, dikutip dari Financial Express, Jumat 25 Januari 2019.

Jack Ma menyarankan untuk tidak harus mencari perusahaan yang “ ternama”, tetapi perusahaan yang memiliki bos baik. Atasan inilah yang akan mengajari kamu cara menjadi manusia.

“ Kamu harus bisa menemukan bos yang baik yang dapat mengajarimu cara menjadi manusia, melakukan hal-hal dengan benar, dan tinggal di sana selama tiga tahun,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Sempat Ragu

Pria ini memang terkenal sebagai orang sukses di dunia teknologi bisnis. Selama berpuluh tahun, dia merintis Alibaba dan mengembangkannya sebagai raksasa e-commerce di dunia.

Namun, dia tak melulu mengalami jalan yang mulus ketika mendirikan usaha. Jack Ma sempat meragu ketika merintis Alibaba.

“ Tentu saja saya takut dan ragu. Tapi, saya percaya, seseorang, kalau bukan kita, akan menang. Tidak ada ahli besok, hanya kemarin,” kata dia. 

Beri Komentar
Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri