Jack Ma Minta Karyawan Kerja 12 Jam Sehari

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 15 April 2019 17:44
Jack Ma Minta Karyawan Kerja 12 Jam Sehari
Ucapannya menuai kontroversi karena Jack Ma mencetuskan sistem kerja 996 yaitu bekerja dari jam 9 pagi hingga 9 malam selama 6 hari.

Dream – Miliarder Tiongkok, Jack Ma, menuai banyak kritik setelah melontarkan pernyataan tentang jam kerja karyawan. Ma sebelumnya meminta karyawan Alibaba untuk bekerja selama 12 jam per hari.

Dikutip dari Straits Times, Senin 15 April 2019, salah satu pendiri Alibaba Group ini mencetuskan sistem kerja 996, yaitu bekerja 12 jam dari jam 09.00 sampai 21.00 selama enam hari seminggu. Jack Ma juga tidak mencari orang-orang yang berharap bisa bekerja selama delapan jam di kantor.

“ Komentar saya secara internal beberapa hari yang lalu tentang 996 menyebabkan perdebatan dan kritik tanpa henti,” tulis pria ini dalam sebuah blog.

“ Saya mengerti orang-orang ini. Saya bisa mengatakan sesuatu yang benar. Tapi, kita tidak kekurangan orang untuk mengatakan hal-hal ‘benar’ di dunia saat ini. Yang kita miliki adalah kata-kata jujur yang membuat orang berpikir,” kata tulis dia.

“ Mereka yang bisa bertahan pada jadwal 996 adalah mereka yang telah menemukan hasrat mereka di luar keuntungan moneter,” tulis Jack Ma.

Kepala Eksekutif Alibaba, Richard Liu, mengatakan tidak akan pernah memaksa staf untuk bekerja dengan sistem 996. Dia justru menganggap orang yang malas-malasan bukan “ saudara laki-lakinya”.

Pada hari Minggu, Ma mengatakan memaksa karyawan untuk bekerja sangat melelahkan adalah " tidak manusiawi" - tetapi beberapa orang ingin melakukannya.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Suasana Ambon Usai Gempa di Laut Banda