Jokowi Ingin Harga Daging Sapi di Bawah Rp 80 Ribu/Kg

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 27 April 2016 14:02
Jokowi Ingin Harga Daging Sapi di Bawah Rp 80 Ribu/Kg
Dia tak ingin masalah tingginya harga daging sapi selama Ramadan, terulang lagi tahun ini.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan harga bahan pangan, termasuk daging sapi, turun selama Ramadan dan Idul Fitri 2016. Bahkan, Jokowi meminta bahan pangan bisa diturunkan.

" Saya ingin harga itu (harga daging sapi) betul-betul tidak kurang dan lebih di angka Rp80 ribu (per kg). Beras, karena ini juga pas panen raya, mestinya juga sama. Harganya juga bisa diturunkan," kata Jokowi di Istana Negara, dilansir dari situs Sekretariat Kabinet, Rabu 27 April 2016.

Jokowi meminta kepada para menteri ekonominya agar bisa membalikkan rutinitas yang terjadi setiap Ramadan, yaitu harga bahan pangan selalu naik. Dia menginginkan harga bahan pangan turun selama periode tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, mantan walikota Solo ini menekankan para menteri ekonominya agar bisa menekan harga bahan pangan selama Ramadan.

" Sebagai contoh. Misalnya, daging sekarang harganya Rp120 ribu per kg. Presiden meminta untuk bisa diturunkan pada saat Ramadan dan Lebaran di bawah Rp80 ribu," kata Pramono di tempat yang sama.

Diperlukan upaya-upaya pemerintah untuk menurunkan harga. Lanjut Pramono, misalnya mempermudah perizinan di kementerian terkait. Bahkan, Jokowi pun mengancam akan mencopot menteri yang mempersulit dan memperlama izin yang bertujuan untuk menurunkan harga bahan pangan.

" Jadi, tidak boleh bermain-main dengan hal yang berkaitan dengan keterserdiaan (barang) untuk masyarakat, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri," kata dia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menambahkan, ada juga komoditas pangan yang sering dikonsumsi di rumah tangga, yaitu cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih. Harga bahan pangan ini disebut-sebut juga naik akhir-akhir ini.

" Itu diminta oleh Presiden untuk mulai dikendalikan dan dicarikan jalannya, apakah ini persoalan logistik, apakah ini persoalan pasokannya yang betul-betul kurang, itu harus dicari jalan untuk mengatasinya," kata Darmin. (Ism)

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya