Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kontribusi Mandiri Syariah untuk 'Sustainable Finance'

Kontribusi Mandiri Syariah untuk 'Sustainable Finance' Bank Mandiri Syariah Turut Berkontribusi Dalam Keuangan Berkelanjutan. (Foto: Shutterstock)

Dream - PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) turut berkontribusi dalam keuangan berkelanjutan atau sustainable finance.

Bank syariah ini optimistis keuangan berkelanjutan tak hanya seputar keuntungan, tetapi juga masyarakat dan lingkungan.

“Keuangan berkelanjutan diharapkan akan menjadi filosofi bank kami dalam menjalankan bisnis dan tata kelola perusahaan, serta pengembangan sumber daya manusia internal dan eksternal,” kata Group Head Corporate Secretary Mandiri Syariah, Ahmad Reza, di Cirebon, Jawa Barat, ditulis Senin 18 November 2019.

Reza mengatakan, menurut Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 51 Tahun 2017 tentang Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik, bank harus bisa mengimplementasikan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan sesuai dalam operasional dan bisnis.

Pihaknya juga sudah punya departemen khusus yang terfokus untuk mengkoordinasi keuangan berkelanjutan.

Selain itu, Mandiri Syariah juga melakukan sosialisasi intensif tentang keuangan yang berkelanjutan, dari top level management sampai ke level middle.

Ada juga program tanggung jawab sosial melalui sustainable program berupa pemberdayaan masyarakat, misalnya di bidang pendidikan melalui Islamic Sociopreneur Development Program.

Untuk ke depannya, Reza juga menambahkan Mandiri Syariah ingin lebih banyak adanya program-program keuangan berkelanjutan yang terus dikembangkan, seperti pengembangan produk jasa dan layanan bank yang ramah lingkungan.

“Harapan kami, dengan implementasi keuangan berkelanjutan ini, bisnis Mandiri Syariah terus berkembang secara berkelanjutan,” kata dia.

(ism, Laporan: Diah Tama Yanti)

Tanda Syukur Laba Naik 100%, Mandiri Syariah Bangun Masjid di Tol Cipali

Dream - PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) menunjukan rasa syukur atas kinerja perusahaan yang signifikan dengan cara mulia. Anak usaha PT Bank Mandiri Tbk itu membangun sebuah masjid yang diharapkan bisa mempermudah pengguna tol dalam beribadah.

Mandiri Syariah membangun masjid berkapasitas 1.000 jemaah di Rest Area KM 166 Tol Cipali, Majalengka, Jawa Barat. Pembangunan tempat ibadah umat Islam ini menghabiskan biaya Rp15 miliar-Rp16 miliar.

Laba Melonjak 100 Persen, Mandiri Syariah Bangun Masjid

Direktur Utama PT Bank Mandiri Syariah, Toni E. B. Subari, mengatakan masjid ini didirikan sebagai rasa syukur perusahaan yang berulang tahun ke-20 dan pencapaian laba mencapai 100,38 persen.

Sekadar informasi, laba bersih Mandiri Syariah hingga kuartal III-2019 mencapai Rp872 miliar atau meroket 100,38 persen dari Rp435 miliar pada September 2018.

Masjid Mandiri Syariah

“Kami optimis dengan doa dan dukungan nasabah, kedepannya kinerja akan terus lebih baik dan  Insya Allah akan semakin banyak masjid yang kita bangun,” kata Toni pada Kamis 14 November 2019.

Peresmian Masjid Mandiri Syariah di Tol Cipali.

Masjid yang dibangun di pinggir tol Cipai itu cukup unik. Desain sangat kuat dan eye catchy. Mengusung konsep modern, masjid ini tetap mengusung kearifan lokal. Salah satunya terlihat dari penggunaan bata terakota yang diproduksi di Majalengka.

Masjid ini dibangun di atas tanah seluas 2.500 meter persegi. Fasilitasnya adalah tempat wudhu, area komersial, area laktasi, children playground, dan ATM Center.

Masjid Mandiri Syariah di Tol Cipali.

“Kami berharap Masjid ini tidak hanya memberikan kenyamanan dan kemudahan sebagai tempat ibadah namun juga berfungsi sebagai pusat pemberdayaan ekonomi berbasis masjid. Untuk itu kami telah menyiapkan area komersil untuk menampilkan produk layanan UKM bagi masyarakat sekitar,” kata Toni.

(Sah, Laporan: Diah Tama Yanti)

Mandiri Syariah Rilis Keyboard Mobile, Bisa Transaksi Sambil Chatting

Dream – PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) meningkatkan kenyamanan nasabah bertransaksi melalui aplikasi mobile. Inovasi terbaru yang dibuat anak usaha PT Bank Mandiri Tbk ini adalah fitur keyboard yang bisa diaplikasikan langsung di smartphone pengguna.

Dengan inovasi baru Mandiri Syariah Mobile (MSM) diharapkan kebutuhan transaksi perbankan nasabah akan semakin mudah dan praktis.

Dikutip dari keterangan tertulis Mandiri Syariah yang diterima Dream, Rabu 6 November 2019, Direktur IT, Operation, and Digital Banking Mandiri Syariah, Achmad Syafii, mengatakan layanan mobile keyboard ini menjadi yang pertama di antara bank syariah lainnya.

Layanan ini memiliki tiga jenis transaksi, yaitu cek rekening, informasi saldo, dan transfer.

Fitur kebyoard Mandiri Syariah Mobile.

“Ketiga transaksi tersebut memang yang paling sering digunakan nasabah,” kata dia di Dubai.

Syafii mengatakan fitur MSM keyboard bisa diakses oleh pengguna Android dengan mengaktifkan menu keyboard di MSM dan memilih MSMS sebagai default keyboard.

“Menariknya dengan adanya fitur ini, nasabah semakin mudah melakukan transaksi di Mandiri Syariah Mobile tanpa harus menutup chatting di handphonenya,” kata dia.

Pengembangan Fitur Digital Dorong Pendapatan Berbasis Biaya (FBI)

Sebelumnya Mandiri Syariah telah meluncurkan layanan tarik tunai tanpa kartu ATM. “Jadi, masyarakat bisa lebih mudah menarik uang tunai di ATM Mandiri Syariah tanpa harus menggunakan kartu ATM,” kata Syafii.

Pengembangan fitur digital berdampak pada peningkatan pendapatan Fee Based Income (FBI) dari mobile banking yang naik 97,63 persen dari Rp 15.79 miliar per Oktober 2018 menjadi Rp31,21 miliar per Oktober 2019.

“Insya Allah, dalam upaya kami menjadikan Mandiri Syariah sebagai bank modern yang berbasis layanan teknologi ini, semoga semakin memudahkan nasabah melakukan transaksi, berbagi dan beribadah. Dan menjadi berkah untuk seluruh masyarakat,” kata dia.

Cocok Buat Milenial, Pesan Sukuk ST006 di Mandiri Syariah Bisa via Ponsel

Dream – PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) menjadi mitra penjualan sukuk tabungan ST006. Bank syariah ini mengincar generasi milenial untuk sukuk ST006.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Group Head Retail Deposit Mandiri Syariah, Vita Andrianty, menyampaikan Mandiri Syariah telah menjadi mitra Distribusi Kementrian Keuangan sejak SR-001 tahun 2009 dan menjadi Agen Penjual Terbaik untuk ST001, SR009 dan SR010.

 

 

“Alhamdullilah, kami kembali memperoleh kepercayaan Pemerintah sebagai agen penjual Sukuk Tabungan sejak pertama kali terbit yaitu dari seri ST 001 hingga yang terbaru ini, seri ST 006,” kata Vita di Jakarta.

Sekadar informasi, masa penawaran ST 006 telah dimulai sejak 1 hingga 21 November 2019. Dengan tenor 2 tahun, ST 006 akan jatuh tempo pada tanggal 10 November 2021.

Dengan jumlah penawaran mulai dari Rp1 juta dan maksimal Rp3 miliar, ST 006 menawarkan tingkat imbalan atau kupon imbal hasil sebesar 6,75 persen.

 

Sasar Milenial, Mandiri Syariah Gunakan Strategi Ini

Merujuk pada penjualan ST 003 di Mandiri Syariah sebelumnya, kaum muda termasuk milenial mulai tertarik berinvestasi di surat berharga syariah negara ritel. Vita optimistis bisa menarik generasi milenial.

“Terlebih, cara membelinya pun sangat mudah yaitu melalui Internet Banking Mandiri Syariah yang dapat diakses di smartphone masing-masing selama 24 jam," kata dia.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementrian Keuangan, Luky Alfirman, menjamin sukuk ritel ST006 merupakan instrumen keuangan syariah yang aman. Sekadar informasi, sukuk ini merupakan surat berharga syariah negara (SBSN).

“Insya Allah tergolong aman karena dijamin pemerintah dan tidak pernah gagal bayar. (Sukuk) dijual secara online untuk memudahkan investor,” kata Luky.

Kinerja Mandiri Syariah terus tumbuh melesat disertai kualitas yang terjaga baik dengan mencatatkan laba bersih sebesar Rp872 miliar atau naik 100,38 persen yoy per September 2019. Aset Mandiri Syariah mencapai angka Rp102,78 triliun.

"Semoga melalui penjualan ST 006 ini menjadi kontribusi kami untuk turut mendukung program Pemerintah dalam pembangunan ekonomi nasional," tambah Vita.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP