Mudik Gratis Kementerian BUMN Pecahkan Rekor MURI

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Kamis, 30 Juni 2016 13:32
Mudik Gratis Kementerian BUMN Pecahkan Rekor MURI
Tahun ini, Kementerian BUMN berangkatkan lebih dari 90 ribu pemudik.

Dream - Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1437 H, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberangkatkan 93.334 orang pemudik tahun ini. Para pemudik ini akan diberangkatkan ke 77 kota di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Program tersebut mendapatkan rekor MURI sebagai Rekor Mudik Terbanyak dalam Satu Musim Lebaran.

" Mudik sudah menjadi budaya warga urban Jakarta menjelang Lebaran Hari Raya," kata Menteri BUMN, Rini Soemarno, saat melepas peserta mudik " Mudik Bareng BUMN 2016" di Parkir Timur Senayan, Komplek Gelora Bung Karno, Kamis, 30 Juni 2016.

Rini mengatakan acara mudik gratis ini bertujuan untuk menekan angka kemacetan dan kecelakaan di jalan raya selama arus mudik. Selain itu, acara ini juga memfasilitasi masyarakat yang ingin merayakan Hari Idul Fitri bersama keluarganya di kampung halaman.

" Kegiatan ini juga diselenggaeakan untuk merekatkan tali silaturahmi para pemudik dengan keluarga dikampung halaman, sebagai solusi mengurai kemacetan, serta menekan timbulnya kecelakaan di jalan raya saat mudik," kata dia.

Sekadar informasi, dalam program ini, ada 85.845 orang pemudik yang diberangkatkan dengan bus, 8.369 orang dengan kereta api, 60 orang dengan kapal laut, dan 60 orang dengan pesawat terbang. Peserta mudik juga mendapatkan makanan, obat-obatan, kaos, dan topi.

Kementerian ini juga melibatkan 19 perusahaan pelat merah dalam " Mudik Bareng BUMN 2016" . Contohnya, PT Jasa Raharja (Persero), PT Pertamina (Persero), PT Bank Mandiri Tbk (Persero), dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (Persero).

Beri Komentar