PPKM Direvisi, Mall Buka Sampai Jam 5 Sore

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 29 Juni 2021 10:40
PPKM Direvisi, Mall Buka Sampai Jam 5 Sore
Restoran hanya diizinkan untuk take away dan dibatasi sampai pukul 20.00.

Dream – Kasus Covid-19 yang terus melonjak mendorong pemerintah untuk segera merevisi pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 14 Tahun 2021. Ini merupakan hasil rapat terbatas (ratas) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“ Kemudian pembatasan aktivitas sosial, melakukan pembubaran kerumunan dengan tegas, meniadakan kegiatan sosial kemasyarakatan, ini juga harus ditegakkan dengan baik,” kata Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Ganip Warsito, dikutip dari IDX Channel, Selasa 29 Juni 2021.

Ganip mengatakan akan ada perubahan-perubahan terhadap Imendagri No. 14 Tahun 2021. Pembatasan-pembatasan ini bertujuan untuk mengendalikan Covid-19 agar tidak semakin menyebar.

Baca Juga: 5 Hal yang Singapura Lakukan Hingga Berani Hidup Berdampingan dengan Covid-19 

Untuk pelaksanaan revisi yang akan diberlakukan yakni work from home (WFH) di zona merah dan oranye sebesar 75 persen, sisanya work from office (WFO) 25 persen.

“ Contohnya nanti yang akan diterapkan adalah pelaksanaan untuk kegiatan PPKM-nya. WFH, WFO ini untuk akan diberlakukan 75 persen dan 25 persen untuk daerah yang merah dan oranye,” kata dia.

1 dari 2 halaman

Mall Buka Sampai Pukul 17.00

Ganip pun mengatakan bahwa untuk sektor ekonomi seperti mall, kegiatan operasionalnya akan dilaksanakan sampai pukul 17.00. Restoran hanya diizinkan untuk take away dan dibatasi sampai pukul 20.00.

“ Ini beberapa pembatasan yang akan diterapkan sebagai revisi dari Imendagri yang sudah di pedomani sampai dengan hari ini,” kata Ganip.

Kemudian kegiatan-kegiatan non-esensial, kata Ganip, ini yang perlu dievaluasi terus sesuai dengan kondisi daerah. “

“ Sekali lagi untuk bisa melakukan pencegahan dan pembinaan ini ketegasan di dalam melakukan aturan konsistensi dalam melakukan aturan ini sangat kan di samping koordinasi, komunikasi dan kolaborasi antar pihak,” kata dia.

 

2 dari 2 halaman

Netizen Pasrah

Akun Instagram @lambe_turah juga mengunggah informasi serupa.

“ Revisi PPKM Mikro. Mol Tutup Jam 17.00. Resto tekewey sampai pukul 20.00,” tulis @lambe_turah.

Warganet pasrah.© Akun Instagram @lambe_turah

Warganet pun pasrah dengan keputusan ini. Mereka berharap pandemi COVID-19 segera usai.

“ Dahlah nurut aja kita, mah, yang segera kelar aja. Capee,” tulis @mahaniasgf.

“ Ya Allah baru beberapa bulan ngerasain nyaman kerja di mall, udah begini lagi. Kudu nangissss,” tulis @syaifularifin252.

“ Ya ampun sampai jam 20.00 aja kali. Jam 20.00 aja jarang customer masuk,” tulis @ulfahnuraeni_or. 

Beri Komentar