Dana Pensiun PNS Pakai Skema Baru Tahun Ini?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 28 Maret 2018 19:15
Dana Pensiun PNS Pakai Skema Baru Tahun Ini?
Seperti apa skemanya?

Dream – Skema baru pembayaran dana pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) bakal diterapkan mulai tahun ini. Kini, perubahan skema lama ke baru sedang dalam proses pematangan. 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur, mengatakan pembayaran dana pensiun PNS menggunakan skema pay as you go, yaitu pensiunan mendapatkan uang setiap bulan. Anggarannya dana pensiun tersebut berasal dari APBN.

“ Nanti (diganti), namanya fully funded,” kata Asman di Jakarta.

Asman mengatakan, saat ini, skema anyar pensiun PNS sedang dimatangkan. Pemerintah menargetkan skema baru tersebut berlaku secepatnya.

“ Jadi, metode ini sedang kami matangkan, tapi belum diputuskan berapa besaran iuran PNS dan pemerintah. Kami menargetkan tahun ini,” kata Asman.

Sekadar informasi, skema pay as you go mewajibkan PNS yang membayar iuran pensiun. Pemerintah menutup kekurangan dana yang dibayarkan saat PNS memasuki masa pensiun. Skema ini dinilai memberatkan APBN.

Dengan skema fully funded, selain PNS, pemerintah juga ikut membayar iuran pensiun. Dengan demikian, anggaran yang dibayarkan pemerintah menjadi lebih kecil, namun PNS masih bisa menerima manfaat yang lebih besar saat memasuki masa pensiun.

“ Kami berharap dengan sistem baru ini, di samping kesejahteraan para pensiun itu menjadi lebih baik, kemudian manfaat dari dana pensiun itu betul-betul dikembalikan kepada PNS,” kata dia.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Septian Deny)

Beri Komentar