Tiga Alasan Mengapa Menjadi Wirausahawan Itu Hebat

Reporter : Ramdania
Kamis, 26 November 2015 11:02
Tiga Alasan Mengapa Menjadi Wirausahawan Itu Hebat
Dengan menjadi wirausahawan maka kita bisa mewujudkan mimpi.

Dream - Menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan merupakan hal yang bagus. Tidak hanya bisa menjalankan bisnis sendiri dan membuat dampak di berbagai perusahaan, seorang entrepreneur juga mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pelajaran dan pengalaman dari entrepreneur yang lebih sukses.

Orang yang bergelut di bidang entrepreneurship atau kewirausahaan bisa dibilang sebagai pencipta dan pelopor dunia yang hadir dengan sebuah solusi agar dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Seperti dikutip dari Entrepreneur, Kamis 26 November 2015, berikut adalah tiga alasan mengapa kewirausahaan adalah hal yang paling hebat yang harus dicoba:

1. Tidak ada batasan tentang apa yang bisa Anda lakukan

Benar-benar tidak ada batasan tentang apa yang bisa Anda lakukan ketika memilih untuk menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha. Satu-satunya orang yang bertanggung jawab adalah diri Anda sendiri, dan itu termasuk capaian prestasi dan perbedaan yang Anda buat dalam industri yang ditekuni.

Di sebuah lingkungan perusahaan dan korporasi, setiap orang memiliki deskripsi pekerjaannya dan harus melaporkan kepada seseorang di atasnya. Ketika Anda berpetualang di dunia entrepreneurship, Anda tidak perlu membuat laporan kepada siapa pun kecuali Anda sendiri. Jadi, kreativitas benar-benar tidak terbatas, sementara di lingkungan perusahaan dan korporasi kualitas tersebut bisa membuat seseorang sangat frustasi.

Kewirausahaan memang membutuhkan kreativitas ekstrem. Ketika berwirausaha tidak ada yang menghalangi Anda dalam menuangkan ide dan mengeksekusinya dalam bentuk bisnis. Semuanya tergantung dari Anda.

2. Anda bisa membuat perbedaan besar

Anda dapat membuat perbedaan di manapun Anda berada dengan menjadi seorang entrepreneur. Sebagai seorang pengusaha, kemampuan Anda untuk mengubah dunia dan membuat gebrakan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik adalah luar biasa. Sifat hampir semua pengusaha sukses adalah menciptakan sesuatu yang pernah hilang di dunia.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa setiap orang yang melangkah di jalan kewirausahaan akan menjadi Albert Einstein atau Mark Cuban berikutnya, tapi contoh dari apa yang bisa terjadi adalah bisnis kecil Anda memiliki potensi untuk mengisi kekosongan besar dalam komunitas lokal Anda.

Sebenarnya Anda tidak perlu menjadi seorang pengusaha untuk membuat perbedaan di kehidupan orang lain atau di dunia, tetapi kewirausahaan benar-benar memberikan Anda kesempatan untuk membuat dampak yang lebih besar jika Anda menemukan apa yang hilang dan menciptakan sesuatu untuk mengisi kekosongan itu.

3. Selalu fokus pada mimpi

Titik fokus dari kewirausahaan adalah bermimpi. Tanpa mimpi dan harapan untuk masa depan, tidak akan ada entrepreneurship. Banyak yang membangun startup yang menyerah karena keramaian dan hiruk pikuk kehidupan dan sayangnya akan mati tanpa mampu mewujudkan mimpi-mimpi dan harapan.

Saat anak-anak Anda semua memiliki mimpi dan hal-hal yang ingin Anda lakukan ketika kita bertambah tua. Tetapi di suatu titik ketika mencapai usia dewasa, Anda mulai melupakan mimpi saat anak-anak. Namun kewirausahaan akhirnya yang menyalakan kembali titik lemah di dalam hati Anda dan memberi Anda perasaan yang sama seperti ketika Anda masih kecil.

Jika Anda tidak berinovasi, tidak bermimpi dan menyerah untuk terus mencari jati diri dan melakukan apa yang bisa Anda lakukan, akan sulit untuk menang dalam pertandingan panjang dalam dunia kewirausahaan. Daripada mewujudkan mimpi orang lain, seorang entrepreneur sejati lebih senang membangun tim sendiri untuk melaksanakan visinya.

Kewirausahaan memang tidak mudah. Akan ada banyak tantangan di sepanjang perjalanan seorang entrepreneur. Dan tantangan-tantangan itu tidak pernah bisa lebih mudah bahkan ketika Anda menjadi entrepreneur yang sukses.

Beri Komentar