Urutan Cara Mendaftar Tes CPNS 2018

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 17 September 2018 15:41
Urutan Cara Mendaftar Tes CPNS 2018
Plus, jangan lupa selfie.

Dream – Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tinggal menghitung hari. Pendaftaran ini sedianya akan dibuka pada 19 September 2018.

Kamu sudah siap-siap, Sahabat Dream? Dilansir dari setkab.go.id, Senin 17 September 2018, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, mengatakan sistem pendaftaran dan seleksi CPNS 2018 akan dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional via http://sscn.bkn.go.id.

“ Proses seleksi akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT BKN) baik untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB),” kata Bima di Jakarta.

Pemerintah akan membuka 238.015 Calon Pegawai Negeri Sipil. Dengan rincian 51.271 formasi yang ada di instansi pusat. Sisanya sebanyak 186.744 formasi ada di instansi daerah.

Berikut ini adalah tata cara pendaftaran CPNS 2018:

1 dari 3 halaman

Buat Akun

Dream - Langkah yang pertama, yang harus kamu lakukan adalah membuat akun di portal http://sscn.bkn.go.id. Ketika mendaftar, kamu menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), atau NIK Kepala Keluarga.

Selanjutnya, kamu masuk ke http://sscn.bkn.go.id dengan NIK dan password yang telah ditentukan.

Di tahap ini, pelamar harus mengunggah foto selfie dengan memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Informasi Akun sehingga bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

 

2 dari 3 halaman

Isi Biodata

Dream - Usai membuat akun, pelamar harus mengisi biodata dan memilih instansi. Ingat, kamu hanya bisa memilih 1 instansi, 1 formasi, dan 1 jabatan yang diminati.

Setelah mengisi biodata, simpan data yang sudah dicek di resume, lalu diklik “ Kirim. Ingat, lebih baik kamu mengecek kembali data di resume dan memastikan data tersebut lengkap. Sebab, kamu tak bisa mengubah data setelah datanya dikirim.

3 dari 3 halaman

Cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018

Dream - Setelah mengirim biodata, kamu bisa mencetak kartu pendaftaran SSCN 2018 sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran melalui SSCN 2018.

Jika ada masalah dalam pengisian di portal SSCN, ada bagian HelpDesk yang ada di portal untuk bantuan dan pengaduan. 

Begini urutan pendaftarannya.© setkab.go.id

Beri Komentar