Riset: Bersepeda Membuat Anak Lebih Cerdas

Reporter : Ervina
Jumat, 19 Desember 2014 10:00
Riset: Bersepeda Membuat Anak Lebih Cerdas
Peneliti mendapati adanya kaitan antara tingkat kecerdasan anak di sekolah dengan moda transportasi yang digunakan sehari-hari.

Dream - Bersepeda merupakan salah satu aktivitas yang banyak disukai anak-anak. Meski dianggap sebagai permainan yang menyenangkan, ternyata bersepeda memiliki manfaat positif bagi si kecil.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Spanish National Research Council di Madrid Spanyol membandingkan kaitan moda transportasi ke sekolah dan tingkat kecerdasan anak. Dengan melibatkan 1.700 remaja para peneliti membandingkan transportasi dan waktu yang mereka gunakan saat berangkat sekolah.

Hasilnya, mereka yang menghabiskan waktu bersepeda atau berjalan lebih dari 15 menit, memiliki nilai akademik lebih bagus daripada mereka yang menggunakan motor atau mobil. Demikian dilansir Everyday Health, Kamis 18 Desember 2014.

Terkait dengan hasil riset ini, Dr. Fracois Trudeau dari Universite du Quebec menyebut jika berjalan dan naik sepeda bisa meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga dapat membantu kinerja otak. Hal inilah yang membuat tingkat kecerdasan anak-anak yang gemar bersepeda lebih baik.

Selain itu, banyak ahli berpendapat bahwa selain memiliki tingkat kecerdasan lebih baik mereka juga memiliki kesiapan mental yang lebih matang untuk memulai hari.

Beri Komentar
CARA MA'RUF AMIN MENINGKATKAN TENAGA KERJA INDONESIA