10 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Mengeras Secara Alami

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Rabu, 13 November 2019 06:48
10 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Mengeras Secara Alami
Karang gigi memang membuat tampilan gigi kita menjadi jelek. Disamping itu, karang gigi juga bisa merusak gigi.

Dream - Kesehatan mulut memang penting untuk dijaga. Lewat mulut, asupan makanan yang dibutuhka tubuh untuk menghasilkan energi bisa masuk. Tak salah jika banyak orang mengingatkan untuk menjaga kesehatan mulut terutama dari masalah karang gigi.

Sering disebut kalkulus gigi, karang gigi adalah plak yang mengeras pada gigi. Karang gigi bisa terbentuk dari bawah gusi dan menyebabkan iritasi pada gusi. Karang gigi memberi plak sebuah area luas untuk berkembang dan menyebabkan permukaan jadi lebih lengket. Hal ini akan menyebabkan penyakit yang lebih serius lagi seperti radang gusi.

Ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan karang gigi. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras secara alami.

1 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras.

Membersihkan gigi dengan benang

Salah satu cara menghilangkan karang gigi yaitu dengan membersihkan gigi dengan benang. Benang gigi efektif untuk membersihkan sela-sela dan bagian terdalam gigi yang sulit dijangkau oleh bulu sikat gigi. Rutin membersihkan gigi dengan benang juga dapat mengurangi risiko penyakit gusi dan bau mulut.

Membersihkan gigi dengan benang idealnya dilakukan setelah menyikat gigi.Geseklah benang di sela-sela gigi secara perlahan. Hindari menggesek benang ke sela gigi dan gusi terlalu keras. Bukanya bersih, hal tersebut malah dapat melukai gusi dan membuatnya jadi berdarah.

Membersihkan lidah

Diketahui 50 persen bakteri di dalam mulut bersarang di permukaan lidah. Campuran air liur dan bakteri dapat membentuk plak di atas permukaan lidah. Membersihkan lidah bisa menjadi cara menghilangkan karang gigi. Kamu bisa menggunakan sikat khusus lidah yang banyak dijual di pasaran.

Gosoklah lidah dari pangkal lidah paling dalam dan tarik perlahan ke depan dalam satu gerakan. Jangan digosok bolak-balik. Ulangi cara ini beberapa kali sampai lidah kamu benar-benar bersih atau kesat. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian samping lidah. Setelah itu, berkumurlah dengan air bersih.

Sikat gigi 2 kali sehari

Menyikat gigi secara teratur bisa menjadi cara menghilangkan karang gigi. Para ahli menganjurkan setiap orang menyikat gigi sebanyak dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Supaya benar-benar bersih, sikatlah gigi kamu selama dua menit.

Sikat Gigi dengan Cara yang Benar

Menyikat gigi yang benar bisa menjadi cara menghilangkan karang gigi berikutnya. Sikatlah gigi dengan gerakan memutar dari atas ke bawah. Pastikan kamu menyikat setiap bagian gigi sehingga plak dan sisa makanan yang menempel akan hilang. Mulai dari gigi geraham atau pada sisi belakang di salah satu sisi mulut.

Berhenti merokok

Selain menyebabkan gangguan fungsi jantung dan paru-paru, merokok ternyata juga dapat menyebabkan masalah gigi dan mulut. Salah satunya, karang gigi. Kandungan bahan kimia dalam rokok dapat memicu pembentukkan karang gigi yang semakin banyak. Bahkan, karang gigi orang yang merokok cenderung berwarna hitam pekat daripada kamu yang tidak merokok.

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi karang gigi. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan karang gigi secara alami.

Baking Soda

Salah satu cara menghilangkan karang gigi secara alami yaitu dengan baking soda. Baking soda dapat menghilangkan dan memutihkan gigi dengan cepat. Menggunakan baking soda juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah dan mengeras.

Kamu cukup mengambil 1 sdm baking soda lalu tambahkan sejumput garam dan aduk hingga rata. Kemudian kamu tinggal mencelupkan sikat gigi yang sebelumnya dibasahi pada campuran ini. Sikat gigi seperti biasa selama 2 menit lalu kumur. Lakukan dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

Kulit jeruk

Kulit jeruk bisa menjadi cara menghilangkan karang gigi selanjutnya. Jeruk merupakan buah dengan banyak vitamin dan nutrisi. Sebelum kamu menggunakan kulit jeruk, bersihkan dulu kulit jeruknya. Lalu gosokkan langsung pada gigi. Gosok sampai rata. Jangan langsung berkumur, biarkan semalaman. Esok harinya baru berkumur. Lakukan setiap hari sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.

Daun sirih

Cara menghilangkan karang gigi berikutnya yait dengan daun sirih. Daun sirih dapat membersihkan karang gigi dan menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Cukup ambil selembar daun sirih, bisa kamu tambahkan 1 batang cengkeh juga, haluskan tapi tidak terlalu halus lalu kunyah.

Mengonsumsi buah dan sayuran

Dengan mengunyah buah dan sayur secara rutin, kamu dapat menghilangkan karang gigi, apalagi apel, melon, wortel, dan seledri. Selain untuk menghilangkan karang gigi, bau mulut yang tidak sedap pun dapat berkurang.

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Garam Dapur

Efek paling umum dan dianggap ringan dari karang gigi adalah gingivitis atau yang disebut juga dengan radang gusi. Ketika karang gigi tetap di sana sesudah mengalami gingivitis, maka gusi pun dapat kemudian terserang periodontis. Penyakit ini adalah suatu kondisi timbulnya kantong nanah pada sela gigi dan gusi.

Bumbu dapur seperti garam ternyata bisa menjadi cara menghilangkan karang gigi. Garam diketahui memiliki kandungan sifat antiseptik serta antibakteri yang cukup tinggi sehingga tak hanya pas untuk dijadikan obat batuk maupun sakit gigi. Dengan garam, kamu bisa mengurangi inflamasi dan mengurangi rasa sakit jika karang gigi sudah menyebabkan gingivitis.

Metode yang paling umum digunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi yaitu dengan air garam hangat. Caranya cukup mudah, masukkan garam sebanyak 1 sendok teh ke dalam segelas air hangat yang telah kamu siapkan. Setelah diaduk dan menjadi tercampur rata, kamu tinggal berkumur saja dengan air ini hingga seluruh area dalam mulut terkena. Lakukan sehari 3 kali masing-masing 1 menit, terutama pada area karang gigi.

(Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

Beri Komentar
Ria Irawan Larang Rano Karno Jenguk Dirinya, Kenapa?