12 Cara Hidup Sehat, Mudah Diterapkan dan Efektif Jaga Kesehatan

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Sabtu, 28 September 2019 15:03
12 Cara Hidup Sehat, Mudah Diterapkan dan Efektif Jaga Kesehatan
Setiap orang pasti ingin sehat. Yuk, coba 10 cara hidup sehat yang mudah diterapkan berikut ini.

Dream- Tubuh sehat dan jauh dari penyakit, jadi keinginan setiap orang. Dengan tubuh yang sehat, segala aktivitas fisik harian dapat dilalui tanpa khawatir.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, memang butuh komitmen. Apalagi, semakin banyak godaan kurang sehat. Misalnya makanan cepat saji yang nikmat, sampah berserakan di mana-mana dan kondisi udara yang tidak baik. Semua faktor tersebut berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Sebelum semakin memburuk, menjaga kesehatan bisa dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan menjaga pola hidup sehat. Ditambah dengan olahraga rutin, menjaga kebersihan dan menjadikannya sebagai kebiasaan.

Untuk lebih jelasnya, coba Sahabat Dream praktikkan 12 cara hidup sehat berikut ini secara rutin, konsisten, dan lihat perubahan yang terjadi.

1 dari 5 halaman

Cara Hidup Sehat dengan Konsumsi Makanan yang Sehat

Dari sekian banyak cara hidup sehat, hal terpenting adalah makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Tidak hanya sebagai sumber energi, tubuh membutuhkan berbagai nutrisi penting. Nutrisi tersebut nantinya akan diproses untuk kepentingan tubuh.

1. Kurangi Konsumsi Makanan Cepat Saji
Godaan yang paling besar untuk mengupayakan hidup sehat adalah makanan cepat saji yang menggoda dan lezat. Ada banyak jenis makanan cepat saji yang kini jadi idola setiap orang, tak hanya enak, makanan cepat saji mengandung nilai ekonomis.

Makanan seperti burger dan pizza mungkin bisa dibilang ada sayurnya, tapi, cara pengolahannya membuatnya jadi kurang sehat bila dikonsumsi berlebih.


2. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

 Cara Hidup Sehat


Sayur dan buah, makanan alami dari tumbuhan yang menyimpan banyak nutrisi baik, seperti protein, vitamin, kalsium dan banyak lagi lainnya. Cara hidup sehat yang paling mudah dilakukan ialah dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur.

2 dari 5 halaman

Cara Hidup Sehat dengan Pilihan Makanan yang Tepat

3. Kurangi Makan Berlebih
Selain mengurangi konsumsi makanan cepat saji, makan dengan porsi berlebihan dapat berdampak pada kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan, ada batas kemampuan organ pencernaan manusia. Apabila batas ini dilewati, maka pencernaan akan mengalami masalah.

Apabila tetap dibiarkan saja, bukan tak mungkin kalau pencernaan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Usahakan untuk menjaga porsi yang cukup dan tidak berlebihan, Sahabat Dream.

 Cara Hidup Sehat


4. Kurangi Konsumsi Gula dan Garam Tambahan
Tanpa gula dan garam, masakan bisa jadi hambar. Dua bumbu utama dalam memasak ini memang memegang peran penting soal rasa. Tapi ingat, dua bumbu utama ini bagai pisau bermata dua. Di satu sisi mampu mencipta rasa nikmat, di sisi lain bisa membuat kesehatan tubuh menurun. Apalagi kalau dikonsumsi berlebihan, diabetes hingga kanker risikonya.

3 dari 5 halaman

Cara Hidup Sehat dengan Penuhi Kebutuhan Cairan

5. Perbanyak Minum Air Putih

 Cara Hidup Sehat


Lebih dari 90 persen bagian tubuh manusia adalah air. Pedoman ini sangat penting untuk menerapkan cara hidup sehat. Konsumsi air putih yang cukup, akan membuat kebutuhan air dipenuh terpenuhi, sehingga masalah dehidrasi bisa dikurangi.


6. Hindari Alkohol
Kandungan alkohol dalam minuman akan menyebabkan kerusakan di berbagai bagian tubuh, mulai dari hati hingga otak. Bila terjadi kerusakan di dalam tubuh, bukan tak mungkin kalau kesehatan akan menurun dan terus menurun.


7. Kurangi Kafein
Hampir sama dengan garam dan gula, kafein punya dua mata pisau. Ada saatnya kita membutuhkan kafein, tapi ada juga kala di mana kita harus menghindari kafein. Dalam upaya hidup sehat, konsumsi kafein harus diatur dengan baik.

4 dari 5 halaman

Cara Hidup Sehat dengan Olahraga dan Istirahat

Menjaga tubuh tetap sehat bukan soal makanan saja. Makan saja tanpa dibarengi dengan gerak tubuh justru akan membuat proses pembakaran lemak tubuh bermasalah, dan memicu penimbunan lemak. Penimbunan ini adalah awal kemunculan berbagai penyakit, di antaranya diabetes.


8. Olahraga Rutin

 Cara Hidup Sehat


Rajin melakukan olahraga dan aktivitas fisik adalah rahasia untuk menjaga kesehatan tubuh. Otot dan tulang yang ada di tubuh perlu dilatih agar kuat menjaga dan menompang tubuh. Dengan kondisi otot dan tulang yang kuat, aktivitas seberat apapun bisa dilalui.


9. Istirahat yang Cukup
Hal yang tak kalah penting  ialah istirahat. Tubuh yang terus digunakan untuk berbagai aktivitas tanpa rehat, justru akan menurunkan kinerja organ dalam dan tubuh secara keseluruhan. Penting untuk mengatur waktu, kapan untuk beraktivitas dan kapan untuk beristirahat.

5 dari 5 halaman

Cara Hidup Sehat dengan Mengubah Kebiasaan Buruk

10. Menjaga Kebersihan Lingkungan
Tanpa disadari, lingkungan sangat berperan dalam menjaga kesehatan tubuh. Lingkungan yang dipenuhi sampah, kotoran dan debu, adalah surga bagi berbagai bakteri dan virus. Keberadaan bakteri dan virus jika dibiarkan, akan mengganggu kinerja tubuh, sehingga membuat tubuh mudah sakit.

 Cara Hidup Sehat


11. Menjaga Kebersihan Tubuh
Selain lingkungan, kebersihan tubuh sendiri sangat penting. Akan percuma kalau hanya konsumsi dan aktivitas fisik saja yang diperhatikan, tanpa menjaga kebersihan diri sendiri. Tubuh yang kotor akan mudah dihinggapi berbagai penyakit, jadi jangan lupa untuk mandi dan mencuci tangan ya, Sahabat Dream.


12. Membiasakan Diri dan Konsisten
Cara hidup sehat yang terakhir ialah konsisten. Kesebelas cara hidup sehat di atas, akan percuma kalau hanya dilakukan sekali-dua kali saja tanpa konsistensi dan rutinitas yang menyertai. Apabila cara-cara tersebut sudah menjadi kebiasaan, makan akan semakin mudah mengontrol tubuh untuk tetap sehat. (mut)


Selamat mencoba!



Sumber: EUFIC Organization

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik