Selain Tak Makan, Ini 5 Alasan Pemicu Rasa Lapar

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 10 Juli 2018 09:13
Selain Tak Makan, Ini 5 Alasan Pemicu Rasa Lapar
Pola tidur berpengaruh besar pada rasa lapar, selain itu..

Dream - Rasa lapar usai makan kerap kita alami. Apalagi ketika sedang menonton TV atau mengobrol santai.

Rasa lapar bisa muncul dipicu berbagai alasan seperti stres, kurang tidur dan lain-lain. Sebenarnya, rasa mudah lapar masih bisa dicegah.

Dikutip dari Boldsky, ada beberapa penyebab rasa lapar mudah muncul.

1. Tubuh Membutuhkan Makanan

Kadang, rasa lapar muncul karena tubuh kekurangan gula darah. Saat merasa lapar, perhatikan apakah keinginan untuk makan muncul dengan cepat atau tidak.

Rasa lapar muncul dengan cepat menandakan tubuh belum membutuhkan makanan. Perasaan tersebut muncul karena suasana hati.

 Sudah Makan Besar Tapi Masih Lapar, Kenapa?

Foto: Shutterstock

Tanda lainnya yaitu adanya bunyi dari perut saat lapar. Bunyi tersebut membuktikkan tubuh memang butuh asupan makanan.

Coba mengatur pola makan dan mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Pilih makanan yang mengandung gizi dan vitamin serta rendah kalori.

2. Kurang Asupan Saat Sarapan

Penelitian yang dilakukan University of Cambridge membuktikan orang yang mengonsumsi 300 kalori saat sarapan mengalami kenaikan berat badan dua kali lebih tinggi mengonsumsi 500 kalori atau lebih.

Hal tersebut disebabkan rasa kenyang saat sarapan bisa mengurangi naiknya gula darah dan insulin selama sehari. Kurangnya gula darah menyebabkan kurangnya rasa lapar.

Tambahkan protein saat sarapan seperti sosis atau telur. Mengonsumsi sayur hijau juga bermanfaat untuk menunda lapar.

3. Hindari Stres

Ketika stres, tubuh memproduksi hormon adrenalin dan kortisol. Adrenalin menimbulkan rasa panik atau cemas. 

 5 Tanda Stres Ini Tak Boleh Diabaikan

Foto: Shutterstock

Saat hormon tersebut dikeluarkan, tubuh memerlukan makanan untuk membuat pikiran kembali rileks. Untuk menghindarinya, kurangi konsumsi kafein serta sering melatih napas secara rutin seperti melakukan yoga, tai chi dan sebagainya.

4. Tidak Cukup Tidur

Pola tidur berpengaruh besar pada rasa lapar. Sebuah penelitian membuktikan kurangnya waktu tidur  bisa mengubah kinerja leptin dan ghrelin, hormon yang memproduksi rasa kenyang dan lapar.

Jadi, secara otomatis tubuhmu akan mudah ketika kurang tidur. Pastikan untuk tidur minimal 8 jam per hari di waktu yang sama setiap hari.

5. Tidak Mengonsumsi Cukup Air

Dehidrasi mampu memicu rasa lapar. Saat dehidrasi, salah satu bagian otak yang mengontrol rasa lapar dan haus bisa menyampaikan pesan rancu. Hal itu membuatmu berpikir sedang lapar saat haus.

 Konsumsi Air Putih Berlebih, Bahaya Bagi Kesehatan

Foto: Shutterstock

Saat merasa lapar sesudah makan, coba minum segelas air. Ini agar rasa lapar tersebut hilang.

Jika kamu sering merasa lapar, itu tandanya hormon rasa lapar sedang tidak stabil. Bisa jadi karena diet atau gaya hidup kurang teratur.

Jika rasa lapar tersebut mengganggu, coba diskusikan dengan dokter gizi.

(Beq)

Beri Komentar
Benarkah Nusron Wahid Tantang OPM, Fakta atau Hoaks?