5 Manfaat Sabun Susu Kambing untuk Wajah, Sebagai Alternatif Perawatan Kulit Alami

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 20 Januari 2022 16:35
5 Manfaat Sabun Susu Kambing untuk Wajah, Sebagai Alternatif Perawatan Kulit Alami
Manfaat sabun susu kambing diklaim lebih bagus untuk kesehatan kulit daripada sabun mandi biasa.

Dream – Susu kambing merupakan alternatif yang baik bagi kesehatan selain susu sapi. Manfaat susu kambing diperoleh dari kandungan nutrisi dan vitamin yang banyak di dalamnya.

Tak hanya diolah menjadi makanan dan minuman, susu kambing juga bisa dibuat menjadi sabun. Manfaat sabun susu kambing banyak diyakini lebih bagus untuk kesehatan kulit dibandingkan sabun mandi biasa.

Khasiat sabun mandi susu kambing ini disebabkan kandungan detergen yang memunculkan busa dan ampuh menghilangkan kotoran dari badan. Tapi detergen bersifat alkali yang dapat mengubah keseimbangan pH kulit sehingga menjadikan kulit lebih kering.

Melansir dari jurnal Skin Pharmacology and Physiology, perubahan pH pada kulit menjadi media yang cocok untuk berkembangnya bakteri dan risiko iritasi. Kulit menjadi lebih rentan terhadap infeksi jamur, dermatitis kontak, dermatitis atopik, hingga masalah jerawat.

Begitu banyak manfaat sabun susu kambing untuk kesehatan kulit. Namun masih banyak manfaat sabun susu kambing untuk wajah yang lain dan perlu kamu ketahui. Berikut Dream berhasil merangkum dari berbagai sumber, tentang manfaat sabun susu kambing untuk wajah.

1 dari 5 halaman

1. Mengatasi Masalah Jerawat dan Bekasnya

Manfaat sabun susu kambing untuk wajah bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah jerawat. Jerawat merupakan masalah yang banyak dialami oleh orang. Munculnya jerawat di wajah sangat mengganggu penampilan. Ketidakpercayaan diri muncul akibat jerawat di wajah yang tak kunjung sembuh. Faktor penyebabnya pun sangat beragam.

Cara mengatasi masalah jerawat tersebut bisa dilakukan dengan mengambil manfaat dari sabun susu kambing. Bagi sebagian orang sabun susu kambing tentu masih asing. Padahal manfaat sabun susu kambing sangat baik untuk mengatasi masalah jerawat yang disebabkan bakteri.

Manfaat sabun susu kambing untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah disebabkan karena vitamin dan zat anti peradangan di dalamnya. Selain itu ditambah dengan kandungan beberapa zat aktif dalam formula sabun susu kambing mampu mengatasi dengan optimal gejala jerawat hingga mampu menghilangkan flek bekas jerawat.

2 dari 5 halaman

2. Sebagai Eksfoliator yang Baik

Ilustrasi© Unsplash.com

Manfaat sabun susu kambing untuk wajah juga bisa digunakan sebagai eksfoliator. Susu kambing mengandung AHA atau Alpha-hydroxyl Acid yang berperan mengangkat sel kulit mati. Pengangkatan sel kulit mati akan membuat wajah menjadi lebih cerah dan sehat.

AHA juga merupakan elemen exfoliant alami yang bisa menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit.

Tak hanya itu, manfaat sabun susu kambing juga bisa menghilangkan noda membandel pada wajah.

3 dari 5 halaman

3. Mengatasi Garis Halus

Munculnya garis-garis halus pada wajah adalah tanda penuaan yang perlu dihindari. Untuk mengatasinya bisa menggunakan sabun susu kambing murni.

Kandunagn niasin di dalamnya berperan membantu kulit untuk menyamarkan garis-garis halus dan keriput pada wajah.

Niasin merupakan vitamin B3 yang sangat berperan untuk memperbaiki dan menjaga kulit lebih halus dan lembut.

Jika kamu ingin menyamarkan hingga menghilangkan keriput pada kulit tubuh dan wajah, kamu bisa mengaplikasikan sabun susu kambing setiap hari menggantikan sabun biasa.

4 dari 5 halaman

4. Percepat Proses Regenerasi Kulit

Ilustrasi© Unsplash.com

Seperti telah disebutkan di atas, sabun susu kambing mengandung AHA alami yang berguna mengangkat sel kulit mati dan mampu meregenerasi kulit dengan baik.

Kandungan AHA membuat sabun susu kambing berkhasiat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Inilah alasan manfaat sabun susu kambing untuk wajah dapat membuat kulit Sahabat Dream akan lebih cantik, lembut dan halus.

5 dari 5 halaman

5. Mengatasi Kulit Kering

Manfaat sabun susu kambing untuk wajah bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering. Kandungan dalam sabun susu kambing membantu mengunsi kelembapan kulit. Rutin mengaplikasikan sabun susu kambing akan membuat kulitmu lebih lembap, kenyal, dan lembut.

Berbeda dari sabun mandi biasa, sabun susu kambing tidak mengandung detergen, pewarna, alkohol, hingga limbah minyak bumi. Manfaat sabun susu kambing diklaim lebih aman untuk orang yang memiliki kulit sensitif.

Sabun susu kambing jadi alternatif yang baik jika kamu ingin beralih ke perawatan kulit alami. Sebab sabun susu kambing lebih aman bagi kulit. Tetapi tidak semua orang tidak cocok dengan sabun susu kambing. Sehingga kamu perlu berkonsultasi dengan dokter kecantikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Beri Komentar