6 Manfaat Pisang bagi Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Kamis, 15 Agustus 2019 14:46
6 Manfaat Pisang bagi Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan
Buah pisang ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, lho.

Dream - Pisang menjadi salah satu buah yang paling digemari di dunia dan memiliki jenis yang beragam. Buah pisang banyak ditemui di negara-negara beriklim tropis dan hangat, seperti di Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara lainnya.

Tidak hanya digemari karena rasanya yang enak dan mengenyangkan, buah pisang juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan, seperti kandungan serat dan antioksidan. Dalam satu buah pisang berukuran sedang, kita dapat memenuhi hampir keseluruhan kebutuhan nutrisi harian kita.

Kebutuhan nutrisi-nutrisi, seperti potassium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, mangan, karbo, serat, protein, dan lemak, dapat terpenuhi dalam sebuah pisang. Buah pisang juga menjadi buah andalan bagi orang yang sedang berdiet karena hampir tidak mengandung lemak.

Untuk lebih jelasnya, berikut 6 manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh yang jarang kita ketahui.

1 dari 6 halaman

Manfaat Pisang untuk Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

 Kadar Gula Darah

Tidak hanya mengandung nutrisi yang sudah dijelaskan sebelumnya, buah pisang juga mengandung pectin yang kaya. Pectin ialah salah satu jenis serat yang membuat tekstur buah pisang menjadi lunak seperti sponge.

Selain itu, buah pisang juga mengandung pati resisten yang bertindak sebagai serat larut dalam pencernaan. Kandungan pectin dan pati resisten ini mampu membantu tubuh untuk memoderasi kadar gula darah setelah makan dan ampuh untuk mengurangi nafsu makan. Inilah yang membuat buah pisang menjadi buah yang mudah mengenyangkan.

Buah pisang menempati peringkat rendah dalam indeks glikemik, indeks yang digunakan untuk mengukur kecepatan makanan dalam meningkatkan kadar gula darah. Namun, peringkat ini dipengaruhi oleh kematangan buah pisang. Untuk buah pisang mentah memiliki nilai indeks 30 dari 100, sedangkan buah pisang matang memiliki nilai 60 dari 100.

Bagi penderita diabetes harus mengurangi konsumsi pisang matang terlalu sering, karena bisa meningkatkan kadar gula darah, dan lebih dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang setengah matang.

2 dari 6 halaman

Manfaat Pisang untuk Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

 Melancarkan Pencernaan

Dua kandungan serat dalam buah pisang, pectin dan pati resisten juga memiliki manfaat lain, yaitu meningkatkan kesehatan pencernaan. Manfaat pisang ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi sedikitnya satu buah pisang berukuran sedang secara rutin.

Dalam satu buah pisang berukuran sedang, terkandung 3 gram serat. Kandungan serat ini sangat baik untuk mencukupi kebutuhan serat harian. Pati resisten berperan penting dalam memperlancar pencernaan karena serat ini dapat menjadi makanan bagi bakteri baik dalam usus besar.

Selain itu, kandungan serat pectin dalam pisang juga diyakini mampu melindungi tubuh dari bahaya kanker usus besar.

3 dari 6 halaman

Manfaat Pisang untuk Mengatasi Masalah Penurunan Berat Badan

 Menurunkan Berat Badan

Walau belum ada penelitian, banyak masyarakat yang memercayai bahwa buah pisang bermanfaat mengatasi masalah penurunan berat badan. Hal ini didukung dengan kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah pisang.

Buah pisang mengandung kalori yang sedikit, dan serat yang melimpah, sehingga mampu membuat perut merasa lebih kenyang. Kemampuan ini didukung dengan serat yang sulit dicerna pencernaan sehingga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Manfaat pisang untuk mengatasi masalah penurunan berat badan ini, dapat dipraktikkan dengan rutin mengonsumsi buah pisang secara teratur dan dibarengi dengan konsumsi makanan bergizi lainnya.

4 dari 6 halaman

Manfaat Pisang untuk Menjaga Kesehatan Jantung

 Kesehatan jantung

Kandungan buah pisang lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh ialah potassium. Nutrisi ini merupakan mineral alami yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, terutama dalam mengontrol tekanan darah.

Dengan mengonsumsi satu buah pisang ukuran sedang, kita mampu memenuhi 9% potassium yang dibutuhkan tubuh. Asupan potassium yang cukup, akan membantu tubuh untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung hingga 27%.

Tidak hanya kandungan potassium saja yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, kandungan magnesium dalam buah pisang juga bermanfaat untuk menunjang kesehatan jantung. Mengonsumsi buah pisang secara rutin akan sangat baik bagi kesehatan jantung.

5 dari 6 halaman

Manfaat Pisang untuk Meningkatkan Senstifitas Insulin

 Insulin

Resistensi insulin dalam tubuh adalah faktor utama yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan tubuh yang serius, salah satunya diabetes tipe 2. Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi serat pati resisten mampu meningkatkan sensifitas insulin dalam mengatasi resisten.

Dan, kebutuhan serat pati resisten ini bisa didapatkan dari buah pisang setengah matang. Dengan mengonsumsi buah pisang setengah matang, kebutuhan tubuh akan serat pati resisten akan terpenuhi, sehingga sensitifitas insulin akan mneingkat.

Walau masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang manfaat pisang yang satu ini, banyak penelitian yang mengarah pada kandungan penting pati resisten untuk meningkatkan sensitifitas insulin itu benar adanya.

6 dari 6 halaman

Manfaat Pisang untuk Meningkatkan Kesehatan Ginjal

 Masalah Ginjal

Tidak hanya baik untuk kesehatan organ tubuh yang vital seperti jantung saja, buah pisang juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan ginjal. Manfaat pisang ini berkaitan dengan kandungan potassium yang dimiliki.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, potassium sangat penting dalam mengontrol tekanan darah pada jantung. Ternyata potassium juga berperan penting dalam menjaga fungsi ginjal. Dalam sebuah penelitian, perempuan yang mengonsumsi buah pisang 2-3 kali dalam satu pekan mengalami penurunan risiko penyakit ginjal sebanyak 33%.

Dan untuk mendapatkan manfaat pisang yang satu ini, Sahabat Dream bisa mengonsumsi pisang sebanyak 4-6 kali dalam satu pekan.

Sumber: Healthline

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie