7 Manfaat Jahe Merah untuk Perempuan, Bisa Cegah Kanker Rahim

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 19 Maret 2021 18:13
7 Manfaat Jahe Merah untuk Perempuan, Bisa Cegah Kanker Rahim
Indonesia terkenal dengan rempah-rempahnya yang melimpah, salah satunya jahe merah. Ini dia manfaat jahe merah untuk perempuan yang wajib kamu tahu.

Dream – Manfaat jahe merah sudah sangat familiar untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Di Indonesia sendiri, rempah-rempah yang satu ini mampu tumbuh subur, sehingga tidak sulit untuk menemukannya.

Bahkan keberadaan jahe merah sudah digunakan sejak zaman dahulu sebagai pengobatan herbal yang manjur.

Jahe merah yang memiliki nama latin Zingiber officinale roscoe ini, masuk ke dalam suku Zingiberaceae, yang memiliki peran penting untuk bidang kesehatan serta pendukung masakan.

Diketahui bahwa jahe merah memiliki beberapa senyawa yang sangat bermanfaat untuk tubuh diantaranya berupa gingerol, shogaol, zingeron, dan sebagainya.

7 Manfaat Jahe Merah Untuk Perempuan, Bisa Cegah Kanker Rahim© MEN

 

Zat aktif di dalam jahe merah inilah yang ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Sehingga wajar saja jika banyak orang yang mengandalkan herbal yang satu ini untuk membantu meningkatkan kesehatan.

Untuk kaum perempuan, sebaiknya tidak melewatkan jahe merah dengan segudang manfaatnya yang bisa kamu dapatkan. Oleh karena itu, kamu wajib tahu apa saja manfaatnya sebagaimana yang dilansir melalui Merdeka.com berikut ini: 

1 dari 7 halaman

Mengatasi Rematik

Ilustrasi Terkena Rematik© Foto. freepik

Manfaat jahe merah untuk perempuan adalah bisa mengatasi rematik. Di mana rematik tidak hanya dialami oleh perempuan yang sudah berumur saja, tetapi yang muda pun juga bisa mengalami penyakit ini.

Diketahui bahwa jahe merah memiliki kandungan yang mampu untuk meredakan rasa sakit serta mengurangi terjadinya pembengkakan.

Oleh karena itu, jika kamu memiliki keluhan rematik bisa mengatasinya dengan jahe merah. Untuk mengonsumsinya, kamu perlu merebus rimpang jahe merah terlebih dahulu yang dicampur dengan herbal lain.

Misalnya seperti cabe jawa, temulawak, kumis kucing, dan daun komfrey. Air hasil rebusannya bisa kamu minum sebanyak dua kali dalam sehari.

2 dari 7 halaman

Mangatasi Rasa Mual

Bagi kamu yang merasa mual, jangan bingung bagaimana mengatasinya. Cukup menggunakan jahe merah yang dicampur dengan madu ampuh mengobati mual yang kamu rasakan.

Bahkan menurut National Center for Biotechnology Information (NCBI), diketahui bahwa jahe merah bisa untuk meringankan rasa mual dan muntah setelah menjalani operasi dan pada penderita kanker yang dikemoterapi.

Jahe merah juga bisa membantu para perempuan yang sedang hamil dan kerap merasakan mual. Dalam kondisi ini, pastikan kamu memperhatikan kadarnya yang tepat agar aman dan bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal.

3 dari 7 halaman

Sebagai Anti Aging

Ilustrasi Perempuan Awet Muda© Foto. freepik

Manfaat jahe merah bagi perempuan berikutnya adalah sebagai anti aging. Herbal yang satu ini dipercaya mempunyai manfaat yang bisa menghambat anti penuaan. Kamu bisa menggunakannya secara dikonsumsi langsung atau dengan cara mengoleskannya.

Diketahui jahe merah mengandung setidaknya 40 sifat antioksidan yang ampuh dalam mencegah terjadinya karusakan karena paparan radikal bebas. Bahkan jahe merah juga bisa membuat warna kulit lebih rata dan elastis.

Untuk menggunakannya, kamu bisa mencampurkan jahe merah yang diparut, jus lemon, dan madu untuk dijadikan masker. Aplikasikan pada wajah selama 30 menit dan bilas sampai bersih.

4 dari 7 halaman

Mengatasi Asam Urat

Ilustrasi Hijab Sporty© Ilustrasi Hijab Sporty (Foto: Shutterstock)

Dalam sebuah jurnal bernama Agromed Unila diketahui bahwa air dari rebusan jahe merah bisa menghambat terjadinya aktivitas siklo oksigenase. Dengan begitu bisa menghambat terjadinya metabolisme asam arakidonat serta agragrasi platelet.

Tidak hanya itu saja, jahe merah kering juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi reumatoid arthritis. Bahkan diketahui sebanyak 75 persen dari penderita yang mengonsumsi rimpang jahe kerap kali bisa menurunkan rasa sakit dan bengkak yang dialaminya.

5 dari 7 halaman

Mengatasi Batuk Dan Pusing

Ilustrasi Perempuan Yang Pusing© Foto. freepik

Perubahan cuaca hingga kelelahan dengan rutinitas bisa membuatmu mengalami masalah kesehatan berupa batuk dan pusing. Untuk mengatasinya secara alami dan pastinya aman, kamu bisa memilih menggunakan jahe merah. Bahkan hal ini pun sudah dilakukan secara turun temurun dan terbukti bisa meredakan batuk dan pusing.

Untuk mengonsumsinya, jahe merah bisa dijadikan sebagai teh yang kamu seduh untuk mengatasin batuk. Sedangkan untuk mengobati pusing, kamu bisa memotong jahe merah tipis-tipis. Lalu seduh dengan air panas dan minumlah saat masih hangat.

6 dari 7 halaman

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ilustrasi Hijab Sporty© Ilustrasi Hijab Sporty (Foto: Shutterstock)

Manfaat jahe merah untuk perempuan bisa meningkatkan imunitas tubuh. Apalagi bagi kamu yang memiliki beragam aktivitas, seperti menjadi ibu rumah tangga, mengurus anak, dan bekerja.

Jika imunitas tubuh tidak kuat, maka penyakit akan lebih mudah menyerang saat kamu sedang kelelahan. Oleh karena itu, kamu membutuhkan jahe merah untuk meningkatkan imun. Kandungan shogaols, gingerois, dan zingerones berperan sebagai antioksidan bagi tubuhmu.

7 dari 7 halaman

Mencegah Kanker

Ilustrasi Kanker© Foto. freepik

Manfaat jahe merah yang terakhir untuk perempuan adalah bisa mencegah kanker. Adanya kandungan berupa gingerol, hal ini ampuh untuk menghambat tumbuhnya tumor pada kanker usus.

Selain itu, jahe merah juga memiliki sifat antiinflamasi yang mampu melawan pertumbuhan dari sel-sel kanker yang ada di rahim.

Jika kamu teratur mengonsumsi jahe merah, maka akan membantu agar perkembangan kanker di rahim tidak terjadi.

Tetapi, perlu diperhatikan juga agar kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Karena ada beberapa efek samping yang ditimbulkan. Seperti diare, gangguan pendarahan, iritasi mulut, dan tekanan darah rendah.

Bagi sahabat Dream yang ingin merasakan beragam manfaat jahe merah tersebut, mulai sekarang rajin-rajinlah mengkonsumsi jahe merah dengan takaran yang tepat. Selamat mencoba.

Beri Komentar