9 Cara Mengatasi Alergi yang Diderita Secara Alami dan Efektif

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Kamis, 12 September 2019 08:13
9 Cara Mengatasi Alergi yang Diderita Secara Alami dan Efektif
Bagi penderita alergi yang sedang kambuh, pasti sangat tidak nyaman dan membuat tubuh tersiksa. Berikut cara mengatasi alergi yang diderita secara alami.

Dream - Ada banyak jenis alergi yang bisa dialami oleh setiap orang, dan penyebabnya berbeda-beda. Ada yang alergi terhadap bulu kucing, ada yang merasa gatal ketika berada di tempat dingin, dan masih banyak lagi jenis alergi.

Apapun alergi yang diderita, saat alergi kambuh adalah saat yang paling tidak mengenakan untuk penderitanya. Tubuh menjadi gatal dan tidak nyaman, atau bisa juga bersih yang terus-menerus dan hal-hal yang tidak nyaman lainnya.

Biasanya orang yang menderita alergi akan diberi perawatan berupa obat untuk meredakan alergi yang dialami. Namun, mengonsumsi obat terus menerus membuat kita bosan dan tidak baik untuk kesehatan ginjal.

Berikut cara mengatasi alergi yang diderita dengan alami, dan penanganannya saat alergi kambuh: 

1 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Alergi dengan Memperhatikan Makanan

1. Memilih Ikan Dibanding Daging Lainnya

 Cara Mengatasi AlergiCara Mengatasi Alergi © Pixabay


Cara mengatasi alergi yang diderita yang pertama ialah dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi, terutama penderita alergi makanan tertentu.

Untuk pilihan makanan, penderita alergi bisa mengonsumsi daging ikan secara rutin untuk mengurangi risiko alergi yang semakin parah.

Seperti yang dituliskan oleh Pediatric Allergy Immunology yang menyatakan, mengonsumsi ikan secara rutin selama satu bulan lebih, mmapu mengurangi risiko alergi rhinitis, terutama pada anak-anak.    

2. Menambahkan Kunyit dalam Makanan

 Cara Mengatasi AlergiFaisal Abdulrahman Al-Ghamdi © Khidr Al-Zahrani


Kunyit dikenal sebagai bahan dapur yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan yang terdapat dalam kunyit juga mampu mengatasi dan meredakan alergi yang diderita seseorang.

Kita bisa menambahkan bubuk kunyit dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Kunyit mampu berperan sebagai decongestant yang akan meredakan gejala alergi dan membuat tubuh menjadi lebih baik.

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Alergi Saat Berada di Luar Ruangan

3. Selalu Membawa Kacamata dan Topi

Cara mengatasi alergi yang satu ini sangat cocok untuk penderita alergi panas atau alergi cahaya terang. Untuk mengatasinya, penderita alergi bisa menggunakan topi dan kacamata saat berada di luar ruangan. Atau setidaknya selalu membawa dua benda tersebut untuk berjaga-jaga.

 Cara Mengatasi AlergiCara Mengatasi Alergi © Pixabay


Dengan mengenakan topi dan kacamata saat berada di luar ruangan, dapat membantu mengurangi paparan debu dan sinar matahari yang langsung mengarah ke mata dan memicu gejala alergi.

4. Segera Mengganti Pakaian saat di Rumah

Untuk mengatasi alergi saat keluar rumah ialah dengan segera mengganti pakaian yang dikenakan begitu sampai di rumah.

Hal ini untuk mengurangi risiko munculnya gejala alergi yang disebabkan oleh debu yang menempel di pakaian. Begitu masuk ke dalam rumah, segera ganti pakaian dengan pakaian baru yang bersih.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Alergi dengan Perawatan Alami

5. Akupuntur

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Allergo Journal International, pengobatan akupuntur sangat efektif untuk meredakan demam akibat alergi.

Selain itu, dengan melakukan akupuntur secara rutin, dipercaya mampu mengatasi alergi yang diderita dan membuat alergi semakin jarang muncul.

 Cara Mengatasi AlergiCara Mengatasi Alergi © Pixabay


6. Olahraga Luar Ruangan

Bagi penderita alergi debu, sinar matahari atau jenis alergi lainnya, sangat disarankan untuk tetap melakukan olahraga luar ruangan.

Hal ini tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh saja, tapi juga untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap allergen yang menjadi penyebab utama alergi.

Olahraga luar ruangan juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Pilihlah waktu yang tepat, seperti pagi hari yang masih petang untuk mengurangi risiko terpapar allergen.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Alergi dengan Memasang Filter Udara

7. Memasang HEPA Filters

Cara mengatasi alergi yang selanjutnya ialah dengan memasang penyaring udara atau filter. Salah satu penyaring udara yang disarankan untuk penderita alergi ialah HEPA Filter atau high efficiency particulate air di dalam alat pembersih vakum di rumah.

Pemasangan filter ini sangat baik untuk membersihkan debu di dalam rumah dengan lebih efektif, dan mencegah debu dalam alat pembersih untuk keluar dan menyebar ke ruangan lagi.

 Cara Mengatasi AlergiCara Mengatasi Alergi © Pixabay


8. Mengubah Filter Kabin Mobil

Pemasangan filter juga bisa diletakkan di kabin mobil. Pemasangan penyaring ini dapat mengurangi debu penyebab alergi saat berada di dalam mobil.

Seperti yang disampaikan oleh Dr. Wedner melalui laman The Health, AC mobil bagian depan kabin akan mengenai wajah secara langsung, oleh sebab itu lebih baik dipasang filter untuk mengurangi risiko gejala alergi.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Alergi dengan Minum Obat saat Malam Hari

9. Minum Obat saat Malam Hari

 Cara Mengatasi AlergiCara Mengatasi Alergi © Pixabay


Cara mengatasi alergi terakhir ialah yang terpenting bagi penderita alergi yang masih mengonsumsi obat-obatan dari dokter. Untuk mengurangi gejala alergi di pagi hari, penderita alergi sangat disarankan untuk mengonsumsi obat alergi dari dokter saat malam hari.

Gejala alergi seperti tenggorokan gatal, bersih, dan gatal, biasanya paling parah terjadi pada pagi hari. Oleh sebab itu, konsumsi obat di malam hari sebelum tidur akan membantu meredakan gejala tersebut di pagi hari.

Dan, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh, ya Sahabat Dream! (ism, Sumber: The Health)

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak