Alhamdulillah, Ada Pasta Gigi Bersertifikat Halal MUI

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Jumat, 10 Mei 2019 09:16
Alhamdulillah, Ada Pasta Gigi Bersertifikat Halal MUI
Pasta gigi ini mengandung siwak dan daun sirih.

Dream - Industri halal saat ini semakin berkembang. Semula hanya berupa makanan, kini sudah merambah ke industri lain, salah satunya pada produk-produk sehari-hari atau toiletries.

Seperti Sasha Halal Toothpaste yang sudah mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Danti Nastiti, brand manager Sasha, mengungkap perusahaannya menjamin pasta gigi ini sudah melalui tahap sertifikasi dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

" Meski kami baru launching satu tahun kemarin, tapi kami sudah dapat sertifikat halal dari MUI grade A sebanyak tiga kali," ujar Danti di Jakarta, Kamis 9 April 2019.

Selain mengandung siwak, pasta gigi Sasha ini juga terkandung daun sirih yang dapat menghilangkan aroma tidak sedap di mulut. Direktur LPPOM MUI, Lukmanul Hakim menuturkan, tahap awal jika ingin meminta sertifikat halal dari MUI, harus terlebih dahulu daftar secara online di website LPPOM MUI.

Setelah itu, tim akan memeriksa dokumen. Jika sudah lengkap nantinya akan dibuatkan jadwal kunjungan ke pabrik untuk memeriksa bahan-bahan produksi.

" Halal itu kan dalam kaitan produk dia tidak mengandung bahan-bahan yang dikarang menurut syariah Islam, halal dan suci, yang kita periksa bahan-bahannya bebas dari bahan yang haram," kata Lukman.

Dalam menilai kelayakan halal dalam suatu produk, LPPOM MUI hanya memberikan dua yakni A dan B. Setelah sertifkat halal diterbitkan, LPPOM MUI juga selalu memantau proses produksi perusahaan tersebut.

" Setelah diperiksa bahan dan prosesnya halal dan kemudian dia konsisten tidak, jangan pas kita datang saja (halal), begitu kita pulang diganti. Itu dijaga dengan sistem yang kita sebut sistem jaminan halal," ungkap Lukman.

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham