Anti Ribet, Begini Cara Mudah Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Reporter : Elvira F Saudi
Senin, 27 September 2021 13:12
Anti Ribet, Begini Cara Mudah Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita
Sebagai wanita, kita harus menyadari pentingnya memperhatikan area kewanitaan.

Dream - Jika mendengar tentang kesehatan reproduksi, yang terbayang adalah hal-hal ribet dan terkesan sulit. Padahal, menjaga kesehatan reproduksi sangat penting, lho Sahabat Dream.

Sebagai wanita, kita harus menyadari pentingnya memperhatikan area kewanitaan. Mulai dari gaya hidup, sampai kebiasaan membasuh bisa mempengaruhi kesehatan miss v.

Meski terdengar sepele, hal-hal diatas bisa  menyebabkan ebrbagai masalah kesehatan reproduksi. Mulai dari keputihan, iritasi, bahkan infeksi saluran kemih (ISK).

Menurut Dr. Cynthia A. Susanto, BMedSc, Sp.OG keputihan merupakan masalah reproduksi yang paling sering dialami perempuan.

“ Ada dua macam keputihan yaitu tipe fisiologis yang disebabkan karena kondisi fisik tertentu seperti menjelang dan sesudah menstruasi serta menjelang ovulasi dan juga tipe patologis, yaitu karena adanya infeksi seperti candidiasis, atau bacterial vaginosis, trichomonas, hingga gonorrhea akibat perempuan tidak menjaga kesehatan reproduksinya” ujar dr. Cynthia. dalam webinar Andalan Feminine Care, Sabtu 25 September 2021.

Ilustrasi© Shutterstock


Keputihan memang biasa dialami wanita karena ada pengaruh dari hormon. Yang perlu diwaspadai adalah keputihan yang disebabkan oleh infeksi maupun bakteri penyebab penyakit. Jadi, jika kamu mengalami keputihan jangan langsung panik, ya!

Beberapa masalah reproduksi tentunya bisa kita hindari dengan melakukan pola hidup sehat dan membiasakan diri untuk membersihkan organ kewanitaan dengan baik dan benar.

1 dari 2 halaman

Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi

Sisilm, Sexual Health Activist & Educator juga membagikan tips praktis untul menjaga kesehatan reproduksi perempuan. Apa saja?

1. On daily basis, pada saat selesai buang air, usap berulang dari pubic menuju perineum (bukan sebaliknya) dan bersihkan anus secara terpisah

2. Bersihkan sekresi cairan di bagian vulva dan menjaganya untuk tidak lembab serta mempertahankan pHnya agar seimbang. Apabila perlu, gunakan feminine wash khusus ketika dibutuhkan. Pilih yang tidak terlalu keras dan sudah teruji klinis.

3. Keringkan dengan handuk atau tisu yang lembut setiap habis buang air atau setelah mandi.

Alangkah baiknya jika tips-tips diatas dibiasakan sehingga kesehatan reproduksi bisa terjaga dengan baik. Jangan cuma dilakukan jika ingat saja, ya Sahabat Dream!

2 dari 2 halaman

Cara Memilih Feminine Wash

Meski miss v dapat membersihkan dirinya sendiri, penggunaan sabun khusus miss v atau feminine wash secara berkala juga dapat membantu membersihkan lebih maksimal.

Sebaiknya Sahabat Dream menggunakan feminine wash dengan bahan alami dan diformulasikan dengan khusus yang mampu meningkatkan kualitas kebersihan kewanitaan. Seperti:

1. Prebiotics Concept: Dengan konsep Prebiotik dari Lactic Acid, Sodium Lactate, serta Salicylic Acid, efektif menjaga pertumbuhan bakteri baik (Lactobacillus) dan membantu menjaga keseimbangan pH pada area kewanitaan, karenanya direkomendasi untuk penggunaan setiap hari.
    
2. Natural Active Ingredients: Mengandung bahan alami seperti ekstrak aloe vera dan chamomile, sirih, serta milk extract sebagai solusi perlindungan yang lembut dan aman digunakan.

3. Clinically, Gynecologically, & Hypoallergenic Tested: Telah melalui uji klinis, ginekologis, dermatologis serta aman bagi kulit sensitif dan juga halal.

Salah satu feminen wash yang sangat dianjurkan adalah Andalan Feminine Care. Selain mengandung 3 hal diatas, Andalan Feminine Care juga berperan sebagai pembersih area kewanitaan bagi para perempuan aktif dan modern yang dapat membuat perempuan #worryVree karena terbebas dari berbagai permasalahan kebersihan area kewanitaan. Cocok banget buat kamu yang punya aktivitas padat dan selalu dinamis, nih Sahabat Dream!

Beri Komentar