BPOM Makin `Galak` Awasi Izin Obat dan Makanan

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Senin, 8 Agustus 2016 18:02
BPOM Makin `Galak` Awasi Izin Obat dan Makanan
BPOM bertekad akan segera membuat regulasi baru yang lebih ketat terkait dengan izin edar ataupun izin produksi obat dan makanan di Indonesia.

Dream - Temuan makanan tak layak edar dari mulai mi berformalin, mi 'Bikini', hingga vaksin palsu rupanya membuat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) geram.

Terlebih para pelaku seperti tidak punya hati. Mereka membuat produk olahanan makanan untuk dikonsumsi dan hanya memikirkan untung yang besar.

Melihat fenomena yang makin mengkhawatirkan, BPOM bertekad akan segera membuat regulasi baru yang lebih ketat terkait dengan izin edar ataupun izin produksi obat dan makanan di Indonesia.

Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan pemerintah berencana segera membuat Peraturan Presiden (Perpres), terkait penguatan wewenang yang diberikan kepada Badan POM.

" Perpres segera akan digulirkan dan diharapkan aturan ini dapat memperkuat peran dari organisasi (BPOM) kami," ucap Penny di kantor BPOM, Jakarta, Senin, 8 Agustus 2016.

Selain itu, Penny berucap penguatan wewenang BPOM juga akan ditambah dengan rencana pembuatan Undang-undang pengawasan obat dan makanan.

" Apabila UU itu sudah selesai, maka (BPOM) akan lebih kuat lagi," kata Penny.

Penny berharap rencana penguatan aturan ini dapat menimbulkan efek jera kepada masyarakat yang ingin membuat produk ilegal.

Beri Komentar