Bukan Hiu, Ini Hewan Paling Mematikan di Sekitar Kita

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 6 Desember 2017 08:10
Bukan Hiu, Ini Hewan Paling Mematikan di Sekitar Kita
Mereka adalah mahluk yang unik, berdasarkan fakta-fakta berikut ini.

Dream – Serangga satu ini mungkin bisa dikatakan paling menyebalkan di seluruh dunia. Dengingnyasangat mengganggu telinga, bekas gigitannya membuat gatal, belum lagi virus yang dibawanya. Kamu pasti sudah tahu makhluk kecil itu, kan?

Ya, kita bicara tentang nyamuk. Meski menyebalkan, ternyata banyak fakta soal nyamuk yang belum banyak diketahui orang.

Coba sejenak ubah persepsi kita soal si pengganggu kala tidur ini. Mereka adalah mahluk yang unik, berdasarkan fakta-fakta berikut ini.

1. Nyamuk adalah binatang paling mematikan di dunia

Lebih mengerikan dari hiu atau binatang apapun, nyamuk membawa virus penyakit-penyakit mematikan seperti malaria, demam berdarah, demam kuning, kaki gajah, dan mikrosefali.

2. Hanya nyamuk betina yang menggigit manusia dan binatang

Nyamuk betina membutuhkan protein bagi telurnya sehingga membutuhkan darah untuk dapat bereproduksi. Sedangkan nyamuk jantan karena tidak memproduksi telur, hanya memakan sari bunga saja. Nyamuk betina yang tidak sedang bertelur juga memakan sari bunga.

3. Tidak semua jenis nyamuk menggigit manusia

Tidak semua nyamuk mencari makan dari manusia. Beberapa nyamuk hanya mengambil darah hewan. Culiseta melanura, adalah jenis nyamuk yang hanya menggigit burung dan hampir tidak pernah mendekati manusia.

Jenis nyamuk yang lain, Uranotaenia sapphirina, dikenal hanya mencari makan pada reptil dan amfibi.

 shutterstock

4. Nyamuk mengepakkan sayapnya 300-600 kali per detik

Kepakan sayap nyamuk inilah yang kita dengar mendenging di sekitar telinga.

5. Sedikit air cukup untuk nyamuk berkembang biak

Air yang diam adalah tempat favorit nyamuk betina menyimpan telurnya. Larva telur berkembang biak di air dalam ember, genangan air, dan lainnya. Bahkan ada jenis nyamuk yang berkembang di dalam genangan air kotor.

Oleh karena itu untuk memutus rantai perkembangbiakan nyamuk, lakukan metode 3M, yakni mengubur benda-benda tak terpakai yang bisa menampung air hujan, menguras penampungan air, dan membuang wadah yang bisa menjadi sarang nyamuk.

6. Nyamuk dewasa bisa hidup sampai 5 -6 bulan

Normalnya nyamuk bisa berusia sampai setengah tahun. Tapi tak banyak yang bertahan selama itu.

7. Nyamuk bisa mendeteksi karbon dioksida dari jarak 20 meter

Senyawa karbon dioksida yang dihasilkan manusia dan hewan saat menghembuskan nafas, ternyata menjadi tanda bagi nyamuk bahwa ada ‘makanan’ di situ. Saat seekor nyamuk betina mendeteksi CO2, ia akan terbang mendekat dan mencari lokasi yang pas untuk menggigit.

Untuk melindungi diri dari bahaya yang dibawa nyamuk, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan. Seperti metode 3M tadi, menjaga kekebalan tubuh, atau menggunakan obat nyamuk. Tapi untuk yang terakhir mungkin perlu dipertimbangkan lagi terutama jika Anda memiliki anak kecil.

Bahan-bahan kimia yang terkandung di dalamnya bisa menimbulkan dampak negatif jika terhirup atau terkena kulit kita. Cara yang lebih aman untuk melindungi si kecil dari serangan nyamuk adalah dengan memakaikan Babygo Slap Mosquito Repellent Bracelet.

 babygo

Obat nyamuk berbentuk gelang tangan dengan bahan dasar 100 persen minyak alami tumbuhan pengusir nyamuk. Kandungan minyak alami atsiri Babygo antara lain minyak Citronella, Lavender, Eucalyptus, dan Mint.

Tidak memiliki kandungan berbahaya dan tanpa DEET. Berbahan dasar food-grade silikon, gelang anti nyamuk Babygo sangat aman digunakan buah hati kesayangan.

Wadahnya memiliki warna-warni yang cerah dan design yang menarik membuat si kecil akan suka memakainya. Diisi dengan natural oil yang berbentuk polymer khusus, gelang anti nyamuk Babygo akan mengeluarkan aroma yang efektif mengusir nyamuk secara perlahan (slow release).

Satu polymer isi ulang ini dapat bertahan selama 15 hari. Termasuk dua buah isi ulang untuk perlindungan selama 30 hari.

 babygo

Hapus keraguan Anda melepas si kecil beraktifitas di luar ruang. Dengan perlindungan Babygo Slap Mosquito Repellent Bracelet, si kecil bisa menikmati petualangannya dengan aman. Sahabat Dream bisa peroleh produk Babygo #PenangkalNyamuk ini dengan mudah, caranya bisa klik tautan berikut ini.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone