Sekolah Alam untuk Si Kecil, Kenapa Tidak?

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 29 November 2017 17:29
Sekolah Alam untuk Si Kecil, Kenapa Tidak?
Di sekolah alam, murid akan diajak untuk bereksplorasi dan mengaitkan materi pembelajaran langsung dengan alam sekitarnya.

Dream – Di era milenial, metode belajar semakin beragam. Tak terbatas pada ruang kelas. Selain metode belajar di rumah (home schooling), saat ini sekolah berbasis alam, biasa dikenal sekolah alam sudah mulai menjamur.

Sekolah alam adalah jawaban bagi para orang tua yang tidak ingin anaknya terkungkung di kelas seharian. Di sekolah alam, murid akan diajak untuk bereksplorasi dan mengaitkan materi pembelajaran langsung dengan alam sekitarnya.

Jika Sahabat Dream tertarik untuk menyekolahkan si kecil di sekolah alam, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dulu.

1. Biayanya cenderung lebih mahal dari sekolah biasa

Sahabat Dream perlu mempersiapkan dana 1,5 – 2 kali lipat dari sekolah biasa. Banyaknya kegiatan tentu membuat biaya operasional sekolah alam lebih besar dari sekolah umumnya.

Lingkungan alamiah tentu membutuhkan perawatan yang lebih intensif dibandingkan dengan gedung permanen.

2. Sistem belajar tidak konvensional

Tidak seperti zaman dulu, di mana belajar adalah mendengarkan guru menjelaskan pelajaran di dalam kelas, murid sekolah alam akan langsung dihadapkan dengan praktek.

Dalam konsep pendidikan sekolah alam, lingkungan menjadi ruang belajar, media mengajar sekaligus objek pembelajaran.

3. Sekolah alam menuntut kemandirian anak

Sistem pendidikan di sekolah alam mengaplikasikan disiplin dan tanggung jawab dalam setiap kegiatannya. Kemandirian anak dituntut dalam proses belajar karena guru tidak mendominasi dan buku panduan juga tidak menjadi satu-satunya sumber pembelajaran.

Dengan aktivitas yang lebih banyak berada di luar ruangan, orang tua mungkin akan sedikit khawatir dengan lingkungan sekolah alam. Meski pengelola sekolah menjamin kebersihan sekolah, tak lantas membuat kita lengah.

 shutterstock

Apalagi di tengah musim hujan seperti saat ini. Genangan air bisa menjadi sarang nyamuk berkembang biak. Nah, daripada ayah bunda dilanda perasaan was-was, lebih baik membekali diri si kecil dengan pakaian bersih dan pelindung serangga yang aman dan praktis. Babygo Slap Mosquito Repellent Bracelet bisa jadi pilihan.

 babygo

Obat nyamuk ini berbahan dasar 100 persen minyak alami tumbuh-tumbuhan pengusir nyamuk, tanpa kandungan berbahaya dan tanpa diethyltoluamide (DEET). Ditambah dengan sertifikat CE dan FDA, Babygo sangat aman bagi bayi, anak-anak, dan dewasa.

 babygo

Wadahnya menggemaskan dengan bentuk seperti gelang tangan yang dapat diluruskan dengan warna-warni yang cerah dan menarik. Diisi dengan natural oil yang berbentuk polymer khusus, gelang anti nyamuk Babygo secara perlahan (slow release) akan mengeluarkan aroma yang efektif mengusir nyamuk.

Satu polymer isi ulang ini dapat bertahan selama 15 hari. Termasuk dua buah isi ulang untuk perlindungan selama 30 hari.

Sahabat Dream bisa dapatkan produknya dengan mudah di sini.

 

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya