Cara Atasi Bau pada Kaki

Reporter : Kusmiyati
Rabu, 7 Oktober 2015 14:01
Cara Atasi Bau pada Kaki
Kaki yang mudah berkeringat dan terlalu sering mengenakan kaos kaki kerap menjadi pemicu munculnya bau kaki. Agar tidak mengganggu penampilan, ada cara untuk mengatasinya.

Dream - Tidak sedikit masyarakat yang mengaitkan bau kaki dengan tingkat kebersihan seseorang. Namun ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar, penyebab utama bau kaki yakni bakteri yang tumbuh di lingkungan lembab dan sedikit mengandung asam.

Kaki yang mudah berkeringat dan terlalu sering mengenakan kaos kaki kerap menjadi pemicu munculnya bau kaki. Agar tidak mengganggu penampilan, berikut ini cara mengatasi bau pada kaki dikutip Healthyandnaturalworld, Rabu 7 Oktober 2015.

1. Baking soda

Bahan ini tidak hanya diandalkan saat mengolah makanan, namun juga baik untuk mengurangi bau kaki. Bakteri tak dapat hidup dalam lingkungan yang tinggi alkalin. Nah, baking soda merupakan alkalin paling kuat sehingga dapat diandalkan untuk mengusir bau.

Taburkan sedikit baking soda ke dalam kaos kaki yang akan dikenakan untuk menetralkan keasaman keringat di kaki. Bubuk baking soda juga akan menyerap sebagian keringat dan membuat kaki tetap kering.

Selain ditaburkan, bisa juga dengan membasuh kaki dengan campuran baking soda dan air gunakan dua kali sehari.

2. Cuka

Bakteri tak dapat hidup dalam lingkungan yang sangat asam. Ini membuat cuka menjadi pilihan yang tepat. Kadar pH akan menurun sehingga menyulitkan bakteri untuk berkembang biak.

Jika mengenakan sepatu tanpa kaos kaki, sebaiknya oleskan langsung cuka ke permukaan kaki setiap satu atau dua jam.

3. Garam

Campurkan setengah cangkir garam dan air hangat lalu rendam kaki selama 20 menit setiap hari. Kasus bau kaki yang parah akan berkurang dengan cara ini.

Sebelum melakukannya sebaiknya perhatikan kondisi kaki, tidak dianjurkan untuk kulit yang pecah-pecah atau luka.

4. Minyak esensial

Campurkan beberapa minyak esensial yang bersifat antibakteri dan antijamur seperti tea tree oil, minyak eukaliptus, rosemary, sage, lavender, thyme, peppermint, geranium, dan kayu manis.

Selain itu juga bisa menggunakan ekstrak biji grapefruit (jeruk bali), gunakan bahan ini sebagai campuran air mandi. Atau bisa juga dengan mengoleskannya pada kaki atau sepatu.

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna