Tekan Titik Akupresur Ini, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 17 September 2019 12:13
Tekan Titik Akupresur Ini, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan
Apa itu akupresur?

Dream - Bagi orang yang berusaha menurunkan berat badan, tantangan terbesar adalah mengendalikan rasa lapar.

Keinginan untuk mengunyah makanan tidak sehat, bahkan ketika tidak merasa lapar, terkadang sangat tak tertahankan. Nafsu makan bahkan bisa meningkat ketika diet.

 shutterstock

Tidak dapat dipungkiri bahwa cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah mengikuti diet sehat dan rutin berolah raga.

Namun ada satu cara mempercepat proses penurunan berat badan, yaitu akupresur. Menekan beberapa poin tertentu dapat membantu mengontrol rasa lapar dan membuat dietmu tetap lancar.

1 dari 5 halaman

Apa itu akupresur?

Akupresur adalah teknik penyembuhan alami yang sudah ada sejak dulu. Teknik ini digunakan untuk meredakan sakit kepala, sakit punggung dan bahkan mengontrol rasa lapar.

Yang perlu kamu lakukan adalah menekan satu titik di dekat telinga selama satu menit. Meskipun trik ini membantu mengontrol nafsu makan, tetapi itu bukan satu-satunya cara untuk mengurangi berat badan.

Kamu pun perlu mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga. Untuk melakukannya, letakkan jari telunjuk pada sisi yang berbentuk segitiga di dekat telingamu.

 shutterstock

2 dari 5 halaman

Apa yang harus dilakukan?

Berikan sedikit tekanan dan gerakkan rahangmu dengan membuka lalu menutupnya kembali berulang kali. Cobalah untuk menemukan titik di dekat telinga, dimana kamu merasakan gerakannya secara maksimum.

Sekarang berhentilah menggerakkan rahangmu dan terus tekan titik tersebut selama satu menit. Kamu hanya perlu melakukan latihan sederhana ini setiap hari untuk mengontrol rasa lapar.

 shutterstock

Namun jika ingin mendapat solusi dari segi medis, kamu perlu berkonsultasi pada dokter.

Sumber: Times of India

3 dari 5 halaman

Minum Air Putih, Cara Diet Paling Mudah

Dream - Masih banyak orang yang tidak menjadi pola hidup sehat sebuah prioritas. Tidur larut malam, makan-makanan kurang bergizi, dan tidak olahraga.

Tuntutan kesibukan dan aktivitas, menjadikan masyarakat Indonesia lupa akan pentingnya pola hidup sehat.

Menurut dr. Milka Inkiriwang dari Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI), pola hidup yang tidak sehat, menjadi awal timbulnya berbagai macam penyakit seperti nyeri sendi, sakit kepalakolesterol tinggi, kulit kering, dan banyak penyakit lainnya.

“ Seperti yang kita tahu, tubuh tidak bisa memproduksi mineral sendiri. Untuk memulai pola hidup sehat, kita harus konsumsi mineral. Maka dari itu kita butuh asupan lain seperti konsumsi buah, sayur, dan air mineral secara rutin,” kata dr. Milka dalam acara ‘Ayo Minum Untuk Sehat!’ di Jakarta, 12 September 2019.

4 dari 5 halaman

Mulai dengan perbanyak minum air putih

Memulai pola hidup sehat bisa dimulai dari minum air mineral setiap satu jam sekali. Pada dasarnya, tubuh membutuhkan asupan air mineral sebanyak 1-2 liter per hari atau setara dengan 8 gelas.

  Konsumsi Air Putih Berlebih, Bahaya Bagi Kesehatan

“ Kebanyakan masyarakat Indonesia itu cenderung konsumsi minuman berasa dan berwarna. Asupan gula yang berlebihan, menjadi awal penimbunan penyakit,” kata dr. Milka.

Air mineral juga bebas kalori dan gula, hal ini yang membantu tubuh dalam menahan rasa lapar. Maka bagi orang yang sedang melakukan program diet, konsumsi air mineral sangatlah membantu.

 

 

5 dari 5 halaman

Organ bekerja maksimal

Selain untuk membantu program diet, konsumi air mineral secara rutin juga memiliki manfaat lain seperti organ tubuh bekerja secara maksimal, tubuh akan terasa segar, tidak mudah sakit, badan tidak mudah lelah, dan yang paling penting, berat badan terkontrol.

  5 Manfaat Minum Air Putih, Jangan Diremehkan!

Reisa Broto Asmoro, Putri Indonesia yang juga seorang dokter, menambahkan bagaimana air mineral sangat berguna dan bermanfaat. “ Waktu saya ikut kontes itu, saya dituntut untuk B3 (Brain, beauty, body). Awalnya saya tidak memperhatikan (pola hidup sehat), tetapi karena tuntutan tersebut, saya rajin minum air mineral. Tubuh saya jadi fit, semuanya jadi gampang masuk,” kata jebolan Putri Indonesia tahun 2011.


Laporan: Razdkanya Ramadhanty

Beri Komentar
Umroh Bareng Pasangan, Foto Sweet Selebritis Saat di Mekkah