Diet di Bulan Puasa? Perhatikan Ini!

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 15 Juni 2017 19:20
Diet di Bulan Puasa? Perhatikan Ini!
Kekurangan nutrisi dapat membuat tubuh menjadi lemah dan rentan terkena penyakit menular, lho!

Dream – Bulan puasa biasanya dimanfaatkan oleh mereka yang ingin mengurangi berat badan sebagai momentum untuk berdiet. Boleh-boleh saja. Tapi hati-hati jangan sampai jadi kurang nutrisi ya.

Kekurangan nutrisi dapat membuat tubuh menjadi lemah dan rentan terkena penyakit menular seperti flu. Selain itu kurangnya asupan juga dapat membuat kadar gula darah menjadi tidak stabil.

Agar diet berhasil dan tubuh tetap sehat, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

1. Jangan Mengurangi Makan Sahur

Makan sahur sangat penting karena itu saat Anda menyimpan tenaga untuk menghadapi hari. Tak perlu mengurangi porsi makan sahur karena akan menyebabkan Anda lemas menjelang siang hari. Sahurlah dengan karbohidrat kompleks dan protein rendah lemak.

2. Rencanakan Menu Sahur dan Buka Puasa

Anda perlu merencanakan apa yang akan dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang dengan jumlah kalori yang tepat.

3. Tubuh Butuh Lemak

Meski sedang diet, bukan berarti menghindari lemak. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih jenis lemak yang sehat, seperti minyak zaitun. Orang Mediterania banyak menggunakan minyak zaitun saat memasak.

Mereka pun dikenal sebagai masyarakat dengan tingkat obesitas dan pengidap penyakit jantung yang rendah.

 Shutterstock

4. Makan Protein yang Cukup

Studi ilmiah menunjukkan bahwa protein membuat orang merasa kenyang lebih lama daripada karbohidrat. Pilih jenis protein hewani yang menyehatkan seperti daging ayam dan ikan. Sedangkan untuk protein nabati Anda bisa memilih tahu, tempe, ataupun kacang-kacangan.

5. Hindari Langkah Drastis

Saat sedang diet, bukan berarti Anda harus mengambil langkah-langkah yang drastis. Tidak sahur dan berbuka dengan sedikit makanan akan membuat metabolisme terganggu dan Anda akan merrasa lemas dan lapar sepanjang waktu.

6. Jauhi Makanan Ringan Bergula dan Karbohidrat Sederhana

Perhatikan asupan Anda saat berbuka puasa. Kolak pisang dan sejenisnya memiliki kandungan gula yang tinggi. Jika Anda memakannya, maka gula darah akan melambung. Bisa jadi Anda akan mudah marah, gelisah dan kelaparan.

Untuk menjaga kadar gula agar tetap stabil, Sahabat Dream dapat mengonsumsi asupan kesehatan tambahan yang tepat dan aman.

Seperti herbal Melabic yang berfungsi menjaga kestabilan gula darah. Terbuat dari 100 persen bahan-bahan alami sehingga tidak aman dikonsumsi baik penderita diabetes ataupun mereka yang ingin menjaga kesehatan tubuh karena tidak memiliki efek samping. Klik di sini untuk info lebih lanjut.

Beri Komentar
Ria Irawan Larang Rano Karno Jenguk Dirinya, Kenapa?