Dokter Ungkap Penyebab Utama Perut Membuncit

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Selasa, 18 Juni 2019 17:47
Dokter Ungkap Penyebab Utama Perut Membuncit
Usahakan untuk selalu menghindarinya.

Dream - Perut yang bergelambir apalagi sampai membucit, memang sangat merusak penampilan. Kita pun jadi kurang percaya diri dengan kondisi perut. Pilihan pakaian juga terbatas karena pastik mencari atasan yang bisa menutupi perut dengan baik.

Penting Sahabat Dream ketahui, perut buncit terjadi karena penumpukan lemak di rongga perut. Lemak ini disebut dengan viseral (visceral fat) yang juga membungkus organ dalam tubuh seperti hati dan limpa.

" Penumpukan lemak viseral ditandai dengan perut buncit. Lemak ini sangat berbahaya dan berisiko meningkatkan penyakit degeneratif seperti diabetes," kata Prasna Pramitha, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Alergi Imunologi RS Premier Bintaro di acara Sequis, Jakarta, Selasa 18 Juni 2019.

Seorang dikategorikan memiliki perut buncit jika lingkar perut melebihi 90 sentimeter. Sedangkan pada wanita, lingkar perut tidak boleh lebih dari 80 sentimeter.

Penumpukan lemak viseral bisa terjadi karena pola makan yang buruk. Idealnya, dalam sepiring makanan terdiri dari karbohidrat, protein, sayur, buah dan lemak.

" Porsi terbanyak ada di karbohidrat, disusul dengan sayur dan buah, kemudian protein. Makanan yang mengandung lemak, gula dan minyak harus dikonsumsi dalam jumlah paling sedikit," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Jangan Makan Terlalu Cepat

Selain terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, kebiasaan makan terlalu cepat dan tidur setelah makan juga bisa memicu perut buncit.

" Jika makan terlalu cepat, maka ginjal dan usus akan bekerja lebih keras. Hal ini terjadi karena makanan yang tertelan masih berbentuk kasar. Setidaknya kunyah makanan sebanyak 32 kali sebelum ditelan," imbuhnya.

 Malas Olahraga, Begini Singkirkan Perut Buncit

Hindari tidur dalam waktu 2 jam setelah makan untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, penuhi konsumsi air mineral sebanyak 8 gelas sehari agar proses detoksifikasi dan buang air besar menjadi lancar.

Lemak perut dapat dikurangi dengan memperbanyak olahraga yang berpusat pada bagian perut seperti sit up, aerobik, jogging, renang dan bersepeda.

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal