Gigi Berlubang Jadi Pintu Masuk Penyakit

Reporter : Rizki Astuti
Selasa, 20 Maret 2018 15:15
Gigi Berlubang Jadi Pintu Masuk Penyakit
Salah satunya penyakit ginjal.

Dream - Kesehatan mulut dan gigi masih kurang disadari oleh masyarakat Indonesia. Padahal keduanya menjadi pintu masuk masalah, salah satunya gigi berlubang yang berefek lama dan menimbulkan berbagai penyakit.

Gigi berlubang memiliki korelasi dalam kesehatan tubuh yang mengakibatkan berbagai penyakit, mulai dari kerusakan ginjal, penyakit jatung, hingga diabetes melitus. 

" Beberapa kasus yang sering terjadi, gusi berdarah dan gigi tanggal yang jumlah banyak memiliki kolerasi dengan kesehatan tubuh, seperti kerusakan ginjal, penyakit jatung, pernafasan, dan diabetes melitus," ujar Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Dicky Levenus Tahapary, di Jakarta, Selasa 20 Maret 2017.

Salah satu penyakit yang ditimbulkan karena masalah gigi dan mulut adalah kerusakan ginjal. Pada penyakit ini, kualitas tulang akan menurun, termasuk rahang.

Hal ini memengaruhi tanggalnya gigi secara prematur, periodontitis, dan infeksi gigi. Selain itu, perubahan pada tulang juga terjadi karena tubuh sudah tidak dapat menyerap kalsium dengan baik.

Menurut alumni mahasiswa Universitas Indonesia ini, penderita kerusakan ginjal akan memiliki risiko kehilangan kepadatan tulang pada rahang. Sehingga akar gigi menjadi longgar dan kemudian tanggal.

Laporan: Dina Nazhifah

Beri Komentar