Pasta Gigi Kamu Mengandung 7 Bahan Ini, Hati-hati!

Reporter : Gladys Velonia
Minggu, 28 Januari 2018 11:02
Pasta Gigi Kamu Mengandung 7 Bahan Ini, Hati-hati!
Jangan sembarang pilih! Ternyata banyak bahan baku pasta gigi yang berbahaya

Dream - Senyum yang indah dapat membuat seseorang terlihat lebih menarik. Apalagi jika disertai dengan sederetan gigi putih cemerlang yang dipercaya akan menyempurnakan senyuman.

Guna merawat dan menjaga gigi serta rongga mulut tetap bersih, pasta gigi menjadi salah satu alat yang digunakan oleh banyak orang. Sayangnya, membanjirnya produk tersebut di pasaran, membuat kita acap kali kebingungan memilihnya.

Semua produsen pasta gigi mengklaim sebagai produk nomor satu karena memasukkan beragam bahan baku yang digadang mampu memutihkan gigi, melindungi dari karies gigi, hingga mengurangi bau mulut.

Namun, jangan langsung percaya dengan klaim tersebut. Berikut ini adalah daftar komposisi berbahaya yang terdapat dalam kandungan pasta gigi.

1. Triklosan
Triklosan adalah zat kimia anti bakteri. Produsen pasta gigi mengklaim zat ini dapat menangkal bau mulut. Tapi, tahukah kamu jika triklosan dapat menyebabkan resistensi antibiotik pada tubuh dan memicu gangguan endokrin? Hal ini dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, mulai dari malformasi tulang hingga berbagai macam kanker seperti kanker payudara, ovarium, prostat dan testis.

2. Sodium Lauryl Sulfate (SLS)
Zat kimia ini memecah fosfolipid pada lidah yang membuat rasa pasta gigi pahit dan membuat semua makanan dan minuman tidak enak jika dikonsumsi setelah sikat gigi. Sayangnya, zat ini berbahaya bagi kehidupan laut.

3. Pemanis Buatan
pemanis buatan yang digunakan pada pasta gigi ialah aspartam, terdiri dari asam aspartat dan fenilalanin. Fenilalanin di dalam tubuh akan pecah menjadi metanol. Namun, tubuh kita tidak bisa memecah metanol menjadi bentuk yang tidak berbahaya sehingga memungkinkan tubuh mengalami keracunan metanol.

4. Fluoride
Tahukah kamu jika fluoride dapat menjadi penyebab busuknya gigi? Fluoride dapat menyebabkan disfungsi neurologis dan endokrin di tubuh kita. Anak-anak yang menelan sejumlah besar pasta saat menyikat gigi dapat berisiko mengalami kerusakan pada fluorosis gigi.

5. Propylene Glycol
Zat ini adalah zat sejenis minyak mineral yang digunakan untuk proses antibeku di cat, enamel, dan deicer pesawat terbang. Hal ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit, mata, dan paru-paru.

6. Diethanolamine (DEA)
DEA yang ditemukan di banyak pasta gigi bisa menyebabkan gangguan hormon. DEA bisa bereaksi dengan bahan lain untuk membentuk NDEA (N-nitrosodiethanolamine). NDEA adalah bahan kimia karsinogenik dan telah dikaitkan dengan kanker perut, kerongkongan, hati, kandung kemih, dll.

7. Microbeads
Bahan yang banyak terkandung di sabun, shampoo, dan pasta gigi ini berbentuk pelet plastik kecil yang sangat berbahaya bagi lingkungan kita. Mereka tidak larut, menyerap racun dari air dan terakumulasi dalam diri kita sehingga menimbulkan banyak toksisitas pada tubuh kita

Yuk mulai sekarang kita cek bahan baku yang digunakan oleh pasta gigi kita di rumah. Karena dampaknya bukan hanya berbahaya bagi tubuh, tapi juga bagi lingkungan.

(Sah)

 

Sumber: boldsky.com

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara