Badan Menggemuk Saat Datang Bulan, Ini Pemicunya

Reporter : Vinda Prashita
Jumat, 16 September 2016 10:31
Badan Menggemuk Saat Datang Bulan, Ini Pemicunya
Saat menstruasi datang berat badan wanita normal akan mengalami kenaikan 1-3 kg.

Dream - Setiap wanita yang sudah berusia produktif pasti akan mengalami menstruasi yang biasanya diawal periode Pra Menstruasi Syndrom (PMS). Sikulus bulanan ini merupakan proses keluarnya darah dari dalam rahim selama satu minggu dalam sebulan.

Selama fase tersebut, perubahan jumlah hormon bisa berdampak pada fisik wanita. Diawal hari pertama menstruasi, sebagian wanita sering mengalami nyeri pada perut. Tak heran wanita suka mudah emosional dan sensitif. Inilah yang lazim disebut PMS.

Yang buat jengkel, panah timbangan pun serasa makin cepat bergeser ke kanan, alias berat bedan naik. Namun, kamu tidak perlu khawatir, kenaikan berat badan saat PMS merupakan hal yang wajar. Sebab berat badan wanita normal akan mengalami kenaikan 1-3 kg.

Namun banyak wanita bertanya apa penyebab berat badan naik cepat saat PMS? Berikut penjelasannya:

1 dari 2 halaman

Meningkatnya Nafsu Makan Berlebih

Penyebab utama naiknya berat badan saat menstruasi atau PMS yang pertama adalah naiknya nafsu secara derastis. Memang sudah bukan rahasia lagi jika saat PMS, wanita akan lebih sering makan.

Hal ini dikarenakan disaat PMS proses metabolisme pada tubuh meningkat secara signifikan, sehingga nafsu makan akan ikut naik secara signifikan. Otak merespon kondisi ini sebagai kekurangan glukosa yang menyebabkan kecenderungan makan berlebihan saat menstruasi.

2 dari 2 halaman

Retensi air

Penyebab berikutnya yaitu karena terjadi retensi air. Kondisi ini juga disebut dengan edema, Edema dipengaruhi tubuh karena fluktuasi hormonal parah saat menstruasi atau PMS.

Hal ini juga yang membuat perut terasa kembung dan nyeri. Selain itu, hal tersebut juga menyebabkan hormon progesteron menurun secara derastis dan mendadak.

Faktor penyebab lainnya baca di sini

Beri Komentar